16 Des 2016 14:33

80 Desa di Minahasa Ikuti Pilhut Tahap Dua

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST–Sebanyak 80 desa sudah sukses melangsungkan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) tahun ini. Dari 227 desa yang ada di Minahasa, masih ada 147 yang menyusul melangsungkan Pilhut. Untuk rencana Pilhut tahap dua pada tahun depan, terkuak akan diagendakan sebanyak 80-83 desa.

Hal ini dibeberkan Asisten Bidang Pemerintahan Denny Mangala beberapa waktu lalu. Ia menuturkan, pelaksanaan Pilhut tahap dua akan diagendakan awal tahun depan. “Pilhut rencana sebelum Maret sudah dilangsungkan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Pilhut tahun depan akan dilangsungkan sebelum Dana Desa (Dandes) tahap pertama dicairkan, yakni Maret. “Agar penggunaan Dandes sudah sepenuhnya diatur oleh Kumtua baru,” sebut Mangala. Untuk anggaran, lanjutnya, masih akan dibicarakan karena APBD masih dibahas dengan komisi.

Sementara untuk Perda Pilhut, sambung Mangala, ada beberapa yang akan dipelajari kembali. “Yang pasti kita sudah melakukan Pilhut tahap satu dengan sukses. Secara umum, kita akan mengacu para Perda Pilhut yang lama. Namun kita akan lihat lagi jika ada perubahan-perubahan,” tandasnya.

Hal ini juga diperkuat pernyataan Bupati Jantje Wowiling Sajow dalam beberapa kesempatan. Dia menuturkan, untuk tertibnya pertanggungjawaban Dandes, Pilhut akan diupayakan sebelum pencairan Dandes tahap pertama. “Pilhut tahap dua akan dilangsungkan paling lambat Februari atau Maret, sebelum pencairan Dandes tahap pertama bulan Maret,” ungkap JWS, sembari menerangkan, supaya pertanggungjawaban nanti akan dibuat oleh Kumtua baru.(fgn/har)

Komentar
Kirim Komentar