12 Des 2016 08:59

Ayo Liburan ke Bitung, Nikmati Pesona Hutan hingga Bawah Laut

MyPassion
BERSEJARAH: Tugu Jepang yang menjadi primadona wisata Bitung terletak di Kelurahan Tanjung Merah, Kecamatan Matuari. Foto: Foto: Don Papuling/MP

Liburan adalah hal yang menyenangkan. Bagi Anda yang suka jalan-jalan, boleh mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bitung, yang tidak kalah dengan daerah lain.

Laporan: Don Papuling, Bitung

POTENSI wisata Bitung tidak kalah dengan daerah lain, termasuk Bali. Malah boleh dibilang, koleksi wisata Bitung lengkap. Mulai dari keunikan hutan dan satwanya, hingga keindahan bawah laut.

Seperti hutan lindung, yang terletak di Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Ranowulu. Hutan lindung ini menyimpan satwa endemik khas Sulut. Sebut saja Tarsius Spectrum dan Yaki (Macaca Nigra). Yang menjadi daya tarik hutan lindung ini, adalah pada musim kawin Yaki. Pengunjung dapat melihat mereka berkumpul di sekitar pantai untuk mencari pasangan.

Sedangkan tarsius, memang agak sulit dijumpai, karena merupakan hewan noktural, yang hanya aktif di malam hari. Yang membuat unik, Tarsius ini masuk dalam daftar kategori primata terkecil di dunia. Dengan perawakan mata seperti burung hantu dan kepala seperti tikus.

Selain itu, wisata pantai di Bitung juga tak kalah menarik. Seperti taman wisata alam Batu Angus, yang terletak di Kelurahan Kasawari, Kecamatan Aertembaga yang memang menjadi tren dikalangan freedive. Pasalnya, airnya sangat jernih dan terlindung dari arus. Karena Batu Angus dikelilingi tembok yang terbuat dari nyare (karang). Namun sayangnya semenjak sering dikunjungi, Batu Angus mulai kotor. Pengunjung kuranya kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Takhanya kedua tempat tadi, Bitung juga menyimpan wisata sejarah, seperti Tugu Jepang, yang menjadi simbol pertama kali para tentara Jepang berlabu di Bitung. Hampir setiap tahun, ada wisatawan Jepang berkunjung di tuguh ini.

Paling sering dicari wisatawan mancanegara adalah pesona Selat Lembeh. Di Lembeh yang menjadi jualan adalah dunia bawah lautnya. Banyak terkandung hewan-hewan laut yang kecil, dan hanya ada di Lembeh. Seperti Mandarin Fish, Lembeh Dragon Fish serta Blue Ring Oktopus. Para underwater photograpi dari berbagai penjuru dunia, terutama dari Amerika, China dan Jepang menjadikan Selat Lembeh sebagai salah satu lokasi favorit.

Keberagaman tempat wisata ini, membuat Kota Cakalang, dapat menjadi salah alternatif untuk mengisi waktu liburan Anda.(***)

Kirim Komentar