09 Des 2016 11:13

Daerah Ini Koleksi 1.558 Janda, `Ada yang di Bawah 15 Tahun`

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST—Angka perceraian di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sepertinya masih sangat tinggi.  Pasalnya,  di Kabupaten Boltim ada 1.558 perempuan yang berstatus sebagai ‘kepala keluarga’ atau janda.

Data tersebut didapatkan dari Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPPKB-PA)  Boltim. Kepala BPPKB-PA Boltim Saidah Potabuga mengakui, bahwa itu merupakan data yang ada di Boltim.

Menurut Potabuga, yang masuk dalam kategori kepala keluarga adalah perempuan yang memiliki anak. “Artinya yang sudah pernah berstatus menikah. Namun bercerai atau ditinggal meninggal suami," ungkapnya.

Dari data tersebut, diketahui ada kepala keluarga perempuan yang umurnya di bawah 15 tahun.  “Memang ada yang di bawah 15 tahun. Dan untuk perempuan yang memiliki anak tapi tidak menikah tidak termasuk kategori kepala keluarga,” urainya.

Ditemui saat kegiatan rapat pembahasan mutasi data keluarga dan orientasi pelaksanaan mutasi data keluarga. Potabuga menjelaskan, ada 80 petugas pembantu KB desa dan sisanya dari pemerintah desa dan kecamatan yang sedang diberikan wawasan baru.

Menurut Potabuga, petugas yang dilatih dalam rangka persiapan pemutakhiran data. “Tahun depan akan ada pemutakhiran data keluarga. Dan mereka akan diberikan perlengkapan dalam menjalankan tugas,” ungkapnya.(ctr-48/gnr)

Berita Terkait
Kirim Komentar