08 Des 2016 14:37

Oh Ini Penyebab Napi-napi di Lapas Ini Mengamuk

MyPassion
Ilustrasi. Foto: jpnn

MANADOPOST—Ratusan warga binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna, Selasa (6/12) malam, ngamuk dan memberontak. Diduga dipicu kemauan sejumlah nara pidana (napi) yang tak diiyakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tahuna.

Informasi yang didapat, malam itu, suasana lapas sempat memanas dan menjadi gaduh. Pasalnya, petugas yang kalah banyak dari jumlah napi 167 orang. Karena kalah jumlah, pihak keamanan lapas meminta bantuan dari Polres Sangihe.

Salah satu warga binaan di Lapas Tahuna kepada harian ini mengatakan, aksi demo yang dilakukan ratusan warga binaan, menuntut agar Kepala Lapas (Kalapas) Tahuna hadir pada aksi yang mereka lakukan itu. “Lantaran terlalu banyak pembohongan yang dilakukan olehnya. Ada tiga tuntutan kami, salah satunya meninggalnya salah satu orang tua dari satu warga binaan, tapi tidak di beri izin kalapas ketika mau menghadiri pemakaman,” ungkap salah satu warga binaan, sambil meminta namanya dirahasiakan.

Mereka pun menuntut pihak terkait segera mengganti Kalapas Kelas II Tahuna. “Karena Kalapas Tahuna sudah terlalu banyak berbohong kepada kami.  Apa yang dia bicarakan dan disepakati secara bersama di dalam lapas tidak pernah dibuat. Sebab sudah tiga kali pertemuan selalu diiyakan usulan kami, tetapi tidak ada tindak lanjutnya. Jadi kami minta kalapas ini diganti,” tuntut mereka.

12