06 Des 2016 09:55
Esok, Assesment Dimulai

30 Desember, Lomban Bongkar Kabinet

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST—Spekulasi terkait rolling pejabat eselon II, mendapat titik terang. Jumat, 30 Desember nanti, perombakan kabinet digelar. Informasi ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD-PP) Jeffri Wowiling kemarin (5/12), yang juga selaku anggota Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Menurut Wowiling, tanggal tersebut dia dengar langsung dari Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL). “Sempat dengar, kalau tidak salah, Pak Wali mengungkapkan, akan diselenggarakan Jumat, 30 desember mendatang," katanya.

Lanjutnya, untuk kepentingan rolling itu, mulai esok (7/12) proses assessment dimulai. Assessment akan berlangsung hingga Jumat (9/12). Assessment ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. "Sebagai pelaksanaan ketentuan pasal 232 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, untuk selanjutnya akan dilakukan pengisian jabatan sesuai struktur organisasi perangkat daerah yang baru di lingkungan Pemerintah Kota Bitung," ungkap Wowiling.

Dia mengatakan, proses assessment sebagai wujud objektivitas, transparansi dan juga memberi gambaran bagi Baperjakat. “Ini akan memberikan masukan terkait karakteristik para kandidat dalam pengisian jabatan sesuai struktur organisasi yang baru," bebernya.

Terpisah, pengamat pemerintahan Rega Gorahe menilai, proses assessment sangat penting untuk mendapatkan pejabat yang berkompetensi dan berkualitas. "Saya salut dengan MJL. Karena sangat mengutamakan kualitas pejabat. Memang dalam undang undang ASN, assessment ini bukan suatu persyaratan mutlak. Meski begitu, menurut saya, assessment ini merupakan suatu prasyarat, untuk menduduki suatu jabatan. Karena, untuk menciptakan good government, memang memerlukan orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing," pungkasnya.(ctr-08/can)

Kirim Komentar