01 Des 2016 13:48

2017, Gaji Honorer Bakal Setara UMP

MyPassion
Ilustrasi

KOTAMOBAGU— Kesejahteraan tenaga honorer yang mengabdi di Kotamobagu, mendapat perhatian serius Wali Kota Ir Tatong Bara. Di 2017 mendatang, gaji mereka akan dinaikkan dari Rp600-1,2 juta per bulan menjadi Rp2,5 juta per bulan. Ini setara upah minimum provinsi (UMP) Sulut.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kotamobagu Rio Lombone, pihaknya sedang menghitung kebutuhan anggaran untuk kenaikan gaji honorer yang akan dialokasikan pada APBD 2017.

“Selain gaji naik, tenaga honorer juga mendapat jaminan hari tua dan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Wali kota ingin tenaga honorer bisa menghidupi atau memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Apalagi rata-rata sudah mengabdi dengan waktu cukup lama,” ungkap Lombone, Senin (21/11).

Honorer, lanjutnya, masih diperlukan untuk pekerjaan apartur. Namun bukan berarti dengan adanya tenaga honorer kemudian tugas atau pekerjaan aparatur sipil negara (ASN) berkurang. “Malah ASN harus lebih produktif agar TPP yang diterima bisa 100%. Pembayaran TPP kan sudah ada rumusnya. 40% disiplin dan 60% produktivitas kerja,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Ir Tatong Bara menyebut kesuksesan pelayanan dan pembangunan dicapai Pemkot Kotamobagu tidak lepas dari peranan tenaga honorer. “Karena itu apresiasi atas keteguhan dan kerja keras mereka, gaji harus naik minimal mendekati atau setara UMP,” sebut Tatong. (ctr-40/fir)

Komentar
Kirim Komentar