30 Nov 2016 12:38
Trikora Kotor, Dispar Disorot

`Bagaimana Mau Ajak Turis Jika Kotor dan Tak Terawat`

MyPassion
BUTUH PERHATIAN: Monumen Trikora terlihat usang. Padahal monumen ini salah satu daya tarik wisata di Bitung. Foto: Don Populing/MP

BITUNG—Monumen Trikora di Pulau Lembeh tak terawat. Dinas Pariwista (Dispar) Bitung pun tuai sorotan. Dispar dinilai tidak peduli dengan monumen-monumen bersejarah seperti Trikora. Padahal, monumen Trikora termasuk objek wisata yang dibanggakan Pemkot Bitung. Hal ini dikeluhkan Lauw Yuriko Rijianto, salah satu pengunjung monument Trikora, kemarin (29/11). “Bagaimana mau mengajak banyak turis dan pengujung di objek-objek wisata jika kotor dan tak terawat seperti ini. Saya rasa ini tanggung jawab Dinas Pariwisata,” katanya.

Lanjut dia, jika objek wisata ini dikemas lebih menarik, pasti akan banyak pengunjung datang.

“Namun, saat memasuki Trikora, saya sangat tidak nyaman. Apalagi di seputaran pesawat penuh coretan, serta bau pesing menyengat. Di dalam monumen juga sama. Ditambah sampah plastik seperti botol dan bekas kemasan di mana-mana," bebernya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rita Tumewu mengatakan, dia sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan, pemerintah kelurahan dan kecamatan setempat untuk menjaga kebersihan. "Namun sayangnya, memang kami tidak mungkin untuk melakukan pengawasan selama 24 jam. Apalagi kemungkinan, di situ (Trikora), saat malam, sering menjadi tempat nongkrong anak-anak muda di Lembeh," katanya.(ctr-08/can)

Kirim Komentar