29 Nov 2016 10:16
Oleh: Noldy Tuerah (Regional Economist)

Dana Transfer Andalan Daerah

MyPassion

DAERAH seperti Sulawesi Utara (Sulut) yang mengandalkan sumberdaya kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, pariwisata dan industri pengelolaan, sebagai sumber utama potensi fiskal. Potensi fiscal ini yang kemudian membentuk kapasitas fiskal (fiscal capacity) daerah.

Disisi lain, kebutuhan fiskal (fiscal need) daerah relatif lebih besar dibandingkan kapasitas fiskal (fiscal capacity) daerah. Selisih antara kapasitas fiskal (fiscal capacity) dan kebutuhan fiskal (fiscal need) disebut kesenjangan atau celah fiskal (fiscal gap) daerah.

Dana transfer dalam bentuk dana perimbangan dari pemerintah nasional (baca pusat) yang mengisi sebagian besar celah fiskal tersebut. Dukungan pemerintah melalui dana transfer untuk mendorong dan mengakselerasi pembangunan daerah dapat bergerak semakin cepat, dan kondisi ekonomi daerah semakin membaik serta meningkat pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan antar daerah.

Untuk Sulut, dana perimbangan menjadi sumber utama penerimaan pendapatan daerah. Dibandingkan dengan daerah lainnya yang mengandalkan industri, jasa, sumberdaya manusia, dan daerah yang memiliki mineral, gas, dan minyak. Daerah tersebut relatif lebih mandiri dari sisi penerimaan daerah menyebabkan kapasitas fiskal daerah lebih besar.

Daerah-daerah seperti ini, menerima dana bagi hasil pajak dan sumberdaya alam yang relatif besar jumlahnya. Serta mereka memiliki sumber penerimaan dari pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

Selain itu, daerah tersebut didukung dengan kontribusi penerimaan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berperan aktif turut mengelola sumberdaya daerah yang mendukung pergerakan ekonomi daerah. Seperti provinsi di seluruh pulau Jawa, beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan, provinsi Bali dan Sulawesi Selatan.

2017 dana transfer yang terdiri dari dana perimbangan (Dana Transfer Umum dan Dana Transfer Khusus) dan dari dana insentif daerah (DID), keseluruhan sebesar Rp 2,4 triliun atau 67,6% dari total rencana pendapatan daerah Sulut sebesar Rp 3,5 triliun.  Sekitar 32,4% dari rencana total penerimaan daerah akan dipacu dari sumber pendapatan asli daerah (PAD) serta sumber penerimaan lainnya.

Target PAD 2017 sedikit di atas Rp 1 triliun untuk dapat menutupi rencana pendapatan daerah yang akan ditetapkan melalui APBD 2017. Jika menggunakan target ekonomi makro dengan pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 5,9%—nampak menggunakan asumsi pesimis dalam dokumen pengusulan RAPBD 2017—tantangan tersendiri untuk dapat mencapai target PAD.

Dinas Pendapatan Daerah Provinsi perlu sejak dini menyiapkan strategi khusus untuk menghimpun pajak daerah yang hanya didominasi oleh Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB). Karena sejak 2012 pertumbuhan kedua sumber pajak tersebut cenderung menurun, disaat kinerja pertumbuhan ekonomi daerah relatif lebih baik dari target pertumbuhan ekonomi 2017.

123
Komentar
  • MyPassion

    vick mara
    15 Sep 2017 12:13

    (VICK MARA LOAN FIRM) (vickmara3@gmail.com)   Halo Nyonya, vick mara, pemberi pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. kami memberikan pinjaman usaha, Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu butuh loana2    Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung Di: (vickmara3@gmail.com) Tuhan memberkati Anda. Hormat kami, Nyonya: vick mara Email: (vickmara3@gmail.com) Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (vickmara3@gmail.com)
  • MyPassion

    sulis susanti
    06 Sep 2017 22:12

    Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur. Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
  • MyPassion

    Haerul
    06 Sep 2017 02:34

    Saya membawa kabar baik kepada kamu semua rakyat Indonesia saya di platform ini, Allah telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah selamat sejak Ogos 2017, kesaksian saya dan kabar baik saya seperti ini, Nama saya Haerul, seorang Muslim dalam agama dan saya berasal dari Bandung, Indonesia Saya pemasar dan juga penasihat perniagaan di syarikat tempat saya bekerja, dan anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (haerulh160@gmail.com). Saya ingin menggunakan platform ini untuk memaklumkan kepada semua warganegara Indonesia mengenai apa yang telah dilakukan oleh syarikat pinjaman Puan Olivia Daniel kepada saya. Platform ini adalah untuk memaklumkan mereka yang memerlukan dan mencari pinjaman ikhlas untuk berhati-hati kerana internet dan blog penuh dengan syarikat pinjaman palsu dan penipuan yang hanya di sini untuk merobohkan wang susah payah anda. Seperti yang anda lihat dalam gambar profil saya, saya berada dalam hutang besar dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dalam talian untuk membayar hutang saya dan saya menghubungi syarikat pinjaman dari syngapore yang pada bulan Mac 2017, dan saya ditipu oleh pemilik syarikat dengan meminta saya membayar banyak bayaran, saya membayar dan akhirnya saya tidak mendapat pinjaman, saya kehilangan kira-kira 20 juta kepada sebuah syarikat pinjaman palsu di syngapore kerana saya memohon pinjaman sebanyak 900 juta dan dengan semua yuran yang saya bayar Saya tidak mendapat pinjaman dan saya sangat kecewa dan saya dipecat dari pekerjaan saya di syarikat yang saya bekerja kerana saya juga mengambil pinjaman dari syarikat yang saya bekerja dan saya bangkrut dan bosan dengan kehidupan. Jadi Allah sangat baik, saya berdoa dan Allah mengarahkan saya kepada seorang hamba dan pada hari yang setia ini 17 Ogos 2017, saya sedang melayari internet ketika saya mendapati kesaksian wanita Indonesia dengan nama Yuli melalui email: (yuliy3531@gmail.com) Siapa dari Jakarta Selatan di Indonesia, bagaimana Allah mengubah kehidupan finansinya melalui sebuah syarikat pinjaman dan dia meminta saya menghubungi e-mail ibu Olivia Daniel: (oliviadaniel93@gmail.com) dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Olivia Daniel dan dia memberiku keberanian dan Saya memohon pinjaman daripada ibu Olivia Daniel dan saya menerima pinjaman yang saya telah cari selama ini dan Allah akan terus memberkati Yuli untuk memperkenalkan saya
  • MyPassion

    Abban kagan
    03 Sep 2017 19:47

    We are Ireland based major/Direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, POF, MTN, Bonds and CDs and this financial instruments are specifically for lease and sale.We are one of the leading Financial instrument providers with offices all over Europe. we always deliver on time and precision as Set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs, project financing, Credit line enhancement, Corporate Loans (Business Start-up Loans or Business Expansion Loans), Equipment Procurement Loans (Industrial Equipment, Air crafts, Ships, etc.) as well as other financial instruments issued from AAA Rated bank such as HSBC Bank Hong Kong, HSBC Bank London, Deutsche Bank AG Frankfurt, Barclays Bank , Standard Chartered Bank and others on lease at the lowest available rates depending on the face value of the instrument needed, Our Terms and Conditions are reasonable. DESCRIPTION OF INSTRUMENTS: 1. Instrument: Bank Guarantee (BG)/SBLC (Appendix A) 2. Total Face Value: 10M MIN to 50B MAX USD or Euro 3. Issuing Bank: HSBC, Deutsche Bank Frankfurt, UBS or any Top 25 . 4. Age: One Year, One Day 5. Leasing Price: 4+ 1% 6. Sale Price: 32+2% 7. Delivery by SWIFT . 8. Payment: MT103-23 9. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days. If you have need for Corporate loans, International project funding, etc. or if you have a client that requires funding for his project or business, We are also affiliated with lenders who specialize on funding against financial instruments, such as BG, SBLC, POF or MTN, we fund 100% of the face value of the financial instrument. Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcomed; do get back to us if you are interested in any of our services and for quality service. Name : Abban Kangan E-mail : abbankangan@gmail.com Skype id :abbankangan@gmail.com
  • MyPassion

    mr tom
    30 Agu 2017 01:47

    Apakah Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Apakah Anda Membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang? Apakah Anda dalam krisis keuangan? Percayalah kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan Perusahaan yang berwenang mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan jangka waktu maksimal 30 tahun. Kami memberikan pinjaman seminimal mungkin di tahun 2000 sampai maksimal 100 juta. Menawarkan layanan yang berbeda di bawah ini * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tidak Aman) * Pinjaman Bisnis (Aman dan Tidak Aman) * Perbaikan rumah * Pinjaman Inventor * Pinjaman Otomatis * Perkawinan Hipotek * Pinjaman kesehatan, dll Jadi .. jika anda tertarik, silahkan kembali kepada kami melalui email kami Loveloanfirm@hotmail.com Dan Anda akan mendapatkan pinjaman sesegera mungkin
Kirim Komentar