25 Nov 2016 11:20

Palakat! Persyaratan IMB Ditambah

MyPassion

MANADOPOST— Pemerintah Kotamobagu menambah satu syarat lagi dalam pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pemerintah mengharuskan pemohon untuk menyediakan septic tank fiber.

“Untuk pembuatan IMB wajib menyediakan septic tank fiber, agar tak ada resapan ke tanah. Ini diwajibkan untuk mendukung Kotamobagu menuju kota sehat,” kata Wali Kota Ir Tatong Bara di Desa Sia, Selasa (22/11).

Tatong berharap, dengan adanya penambahan persyaratan ini, kesadaran masyarakat makin meningkat. “Kesadaran masyarakat Kotamobagu untuk hidup sehat sudah tinggi. Kota sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi dan keterlibatan masyarakat,” jelasnya.

Terpisah, selain menambah syarat pengurusan IMB, tarif retribusi juga bakal disesuaikan. Saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sedang dikaji Pemkot. “Dalam waktu dekat akan disesuaikan tarif retribusi IMB yang berdasarkan Perda. Pemerintah juga sudah ada Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW),” kata Sekretaris Kota (Sekkot) Tahlis Gallang.

Meski belum menyebutkan nominalnya, mantan Sekkab Bolsel ini telah membocorkan jika tarif IMB nanti akan bervariasi. Hal ini berdasarkan pada sistem zonasi yang akan diterapkan Pemkot. “Konsekuensinya jelas adanya kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Nantinya itu akan diberikan pada instansi terkait,” ujar Tahlis.(ctr-20/fir)

Komentar
Kirim Komentar