22 Nov 2016 12:35

Menarik, di Daerah Ini Sampah Bisa Ditukar Sembako dan Pulsa

MyPassion
NILAI EKONOMIS: Warga Kotamobagu bisa menukarkan sampah dengan sembako atau pulsa di bank sampah. (dok MP)

MANADOPOST— Sampah memiliki nilai ekonomis. Sejak berdirinya Bank Sampah Idaman (BSI) di Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat, warga bisa menukar sampah plastik dengan sembako maupun pulsa untuk semua operator seluler.

“Sampah ini nantinya akan ditimbang terlebih dahulu. Tinggal masyarakat yang pilih sesuai keinginannya, misalnya mereka butuh pulsa 5.000, maka mereka harus memenuhi bobot timbangan yang ditentukan sesuai harga pulsa tersebut,” kata Subandi Paputungan, salah satu pengawai TPA sekaligus pengelola BSI, kemarin.

Subandi mengatakan, kehadiran bank sampah tersebut memberikan banyak manfaat bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan. “Masyarakat sekarang mulai sadar tentang kebersihan lingkungan apalagi mereka mendapatkan keuntungan ekonomis dari bank sampah,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tata Kota (Distakot) Bambang Ginoga membenarkan kehadiran BSI ini. “Jika ada sampah, langsung saja tukar disini. Minimal bisa meringankan warga yang ingin mendapatkan sembako,” kata Bambang.

Bukan hanya di BSI, di Setda Kotamobagu tepatnya di Kantor Inspektorat, sampah juga bisa ditukar dengan uang. “Kami memiliki Bank Sampah dan Rumah Kompos unit Inspektorat Kotamobagu. Jadi dengan ini kita mendukung Kotamobagu sebagai Kota bersih, sekaligus menunjang Kotamobagu menuju Adipura. Warga bisa membawa kertas maupun plastik untuk kami beli. Jadi warga sekitar kantor wali kota tak perlu repot jauh-jauh menjual kertas, cukup bawa kami akan beli,” sebut Kepala Inspektorat Alex Saranaung.(ctr-40/fir)

Kirim Komentar