21 Nov 2016 13:37
Pengurusan Sertifikat Tanah Dikeluhkan

`Masa Bisa Sertifikat Tanah Keluar Double`

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST—Pengurusan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Sangihe dikeluhkan. Menurut seorang warga yang enggan menyebutkan namanya, dirinya mengurus sertifikat tanah sudah setahun lebih dan sudah membayar sekitar satu juta. Tapi, sampai sekarang belum tuntas. “Kami berharap BPN dapat segera membuat sertifikat tanah bagi warga yang sudah membayar, supaya ada kejelasan,” harap warga berkacamata tersebut.

Selain pengurusan sertifikat tanah yang lambat, BPN juga mendapatkan keluhan terkait pengurusan sertifikat tanah yang ganda. “Masa bisa sertifikat tanah bisa keluar double. Padahal kami yang membuat terlebih dahulu, tetapi sertifikat yang sama keluar pada pemilik yang berbeda,” keluah warga lainnya.

Anggota Saber Pungli Kabupaten Kepulauan Sangihe Marslem Pulumbara menanggapi keluhan warga tersebut, ia meminta sistem pengurusan sertifikat yang ada di BPN harus direformasi sampai pada sumber daya manusianya. Pasalnya masih memakai sistem manual.

Lanjut Pulumbara, supaya tidak ada mafia sertifikat tanah, ada baiknya sistem pengurusan memakai sistem elektronic atau online. “Kemudian sertifikat tanah yang sudah terdaftar te-registrasi otomatis supaya tidak ada sertifikat ganda. Jadi jika ada yang mengurus sertifikat yang sama, akan di tolak sistem,” saranya. Kepala BPN Sangihe Kristanto Bulanmei ketika dikonfirmasi tidak berada di tempat.”Bapak sedang keluar,” tandas salah satu pegawai.(ite/gnr)

Komentar
  • MyPassion

    anita
    22 Nov 2016 04:53

    Sudah banyak para normal yg kami mintai angka t0gel cuma Ki Witjaksno yg berhasil 0852_2223_1459 ~~PESUGIHAN TOGEL~~
Kirim Komentar