17 Nov 2016 11:24

Curah Hujan Tinggi, 32 Rumah Terendam Banjir

MyPassion
WASPADA: Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan puluhan rumah di Desa Mopait terendam luapan air sungai, kemarin.(Indra Ketangrejo/MP)

MANADOPOST— Curah hujan dengan intesitas tinggi pekan ini, mengakibatkan beberapa wilayah di Bolaang Mongondow (Bolmong) mengalami banjir. Seperti yang terjadi di Desa Mopait Kecamatan Lolayan. Sebanyak 32 rumah digenangi air akibat luapan air dari aliran sungai Monsi.

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Canny Wayong mengatakan, dengan intesitas curah hujan yang tinggi kemarin, terjadi peluapan di bagian hulu sungai Monsi dan telah merendam sebagian rumah warga termasuk Sekolah Dasar (SD), kantor Polsek Lolayan. “Ketinggian air bervariasi 20-25 cm akibat tidak mampunya aliran sungai menampung air yang meluap dari hulu,” ungkap Wayong, Rabu (16/11) kemarin.

Dijelaskan, BPBD Bolmong saat menerima informasi, langsung ke TKP dan dari kediaman rumahnya Kepala Desa (Sangadi) Mopait Ruslan Bunuot, Tim Reakasi Cepat (TRC) segera meninjau lapangan. "TRC-PB langsung asessment lokasi bencana dengan melakukan pendataan berapa jumlah rumah warga yang mengalami banjir, dan hasilnya ada 32 KK dengan jumlah jiwa 176, dan juga kantor Polsek Lolayan dan SD yang terendam air sungai ini," bebernya.

Dia menambahkan, untuk kebutuhan masyarakat Desa Mopait  saat ini yakni air bersih, sebab sumur milik warga sudah tercampur dengan air banjir dan berlumpur. “Besok akan disalurkan air bersih menggunakan tangki air milik BPBD Bolmong," pungkasnya.(ctr-20/fir)

Kirim Komentar