17 Nov 2016 11:01

Belasan Ribu Jiwa Belum Miliki KTP-el

MyPassion

MANADOPOST—Memasuki penghujung tahun ini, sebanyak 16 ribu jiwa wajib KTP belum melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jabes Linda, kemarin (16/11).

"Masih ada belasan ribu jiwa yang belum lakukan perekaman. Pemerintah telah berupaya mengimbau para warga untuk wajib melakukan perekaman KTP-el. Sampai sekarang masih tetap banyak yang belum merekam," keluhnya.

Untuk mengejar target, kata Linda, beberapa kecamatan telah didorong untuk aktif melakukan perekaman KTP-el. Sebab alat-alat perekaman yang dulunya rusak sudah diperbaiki. Untuk ketersediaan blanko, kata Linda, masyarakat jangan kuatir, karena Disdukcapil masih tersedia stok sekira 2.000 keping.

"Belum lama ini dilakukan pengecekan alat perekaman di kecamatan Nanusa. Sebelumnya, Kecamatan Rainis, Beo, Essang, Tampan'amma, Pulutan dan Gemeb sudah lakukan perekaman sendiri," ungkapnya.

Lanjutnya, sampai akhir tahun ini, Disdukcapil akan rutin mobile ke kecamatan-kecamatan. Tujuannya untuk mencetak sebanyak-banyaknya KTP-el. “Tidak ada alasan lagi bagi warga untuk tak urus KTP-el. Masalah waktu, ongkos jalan dan sebagainya telah teratasi. Kami datangi warga langsung di kecamatan. Warga di pulau-pulau kecil tak perlu repot-repot lagi harus kunjungi kantor Disdukcapil," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip mengapresiasi inisiatif Disdukcapil. Menurut Manalip, memang penting untuk setiap SKPD jemput bola langsung ke masyarakat. “Saya harapkan Disdukcapil mobile ke kecamatan-kecamatan ini dapat menjawab target nantinya. Saya minta juga masyarakat untuk memanfaatkan sebaik-baiknya hal ini,” katanya.(ctr-04/can)

Kirim Komentar