16 Nov 2016 12:57

Wali Kota Atur Jam Merokok

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST— Lingkungan kantor pemerintah, pendidikan dan kesehatan, kini punya aturan baru. Dilarang merokok. Wali Kota Ir Tatong Bara sudah mengeluarkan instruksi tentang pengaturan tempat dan jam merokok, yang pemberlakuannya dimulai kemarin.

Sekretaris Kota (Sekkot) Tahlis Gallang mengatakan, ASN di Pemkot untuk tidak merokok di tempat-tempat publik, seperti di ruang tamu dan ruang kantor. “Kepada seluruh aparatur agar tertib merokok. Setiap SKPD wajib menyiapkan ruangan khusus bagi yang merokok,” kata Tahlis menjelaskan instruksi wali kota.

Selain itu, lanjutnya, bagi ASN yang merokok juga diberi waktu tersendiri. “Waktunya saat jam istirahat. Dari pukul 12.00-13.00,” lanjutnya.

Larangan merokok ini juga berlaku di lingkungan sekolah, instansi kesehatan, baik di rumah sakit negeri maupun swasta, serta seluruh puskesmas dan klinik kesehatan serta tenaga penyuluh pertanian lapangan dan penyuluh KB.

“Untuk mengawasi hal ini setiap kepala SKPD wajib membentuk tim pemantau yang bertugas memonitor, mengevaluasi dan melaporkan hasilnya. Di SKPD juga wajib memasang tulisan kawasan bebas rokok dan kawasan tanpa rokok,” sebut Tahlis.

Terpisah, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Rukmi Simbala mengaku melaksanakan instruksi wali kota. “Untuk sekolah memang sudah ada pemberitahuan sebelumnya untuk tidak merokok di kawasan sekolah. Dengan adanya instruksi ini otomatis kami akan meminta kepada sekolah agar memberikan sanksi tegas,” kata Simbala.(ctr-40/fir)

Kirim Komentar