15 Nov 2016 10:34

Anggaran Infrastruktur Merosot 40 Persen

MyPassion

MANADOPOST—Anggaran untuk infrastruktur di Dinas Pekerjaan umum tahun 2017 mendatang merosot turun 40 persen. Kepala Dinas Pekerjaan Umum D Palit SE mengungkapkan, berdasarkan surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI), Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2017 hanya Rp62,8 miliar. “Dibandingkan tahun  2016, anggaran infrastruktur mencapai Rp156  miliar,” katanya.

Turunnya anggaran infrastruktur, lanjut Palit membuat rencana lanjutan pembangunan sebagian proyek seperti jalan, irigasi, sanitasi dan air minum ada yang terbaikan. “Kami berharap nantinya akan ada DAK tambahan untuk menopang pembangunan infrastruktur di tahun 2017,” ujarnya. Ditanya wartawan harian ini, apa penyebab anggaran DAK 2017 turun? Menurut Palit, dirinya tidak tahu penyababnya.

Sementara, Pengamat Pemerintahan Vekky Bayang SH menyebutkan, penurunan anggaran infrastruktur yang bersumber dari DAK ada hubungannya dengan selesai masa jabatan Bupati Sangihe periode 2011-2016, Drs HR Makagansa MSi. “Sebab waktu di tangan HRM, dia mampu melobi anggaran infrastruktur sampai Rp156 miliar di Kementerian Pekerjaan Umum (PU) RI. Tetapi karena sudah selesai masa jabatan, akhirnya dana infrastruktur turun karena tidak ada yang melobi dan mengawal,” tandasnya.(ite/gnr)

Kirim Komentar