14 Nov 2016 12:42

Syukurlah, Harga Cabai Mulai Turun

MyPassion
MEMBAIK: Harga cabai rawit di pasar tradisional mulai turun. Tampak aktivitas jual beli di Pasar Melonguane. Foto: Fikantri Kaesang/MP

MANADOPOST—Harga cabai rawit di Pasar Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud mulai turun, Minggu (13/11). Penurunan harga cabai dipicu karena jumlah persediaan yang mulai banyak. “Harga cabai di tingkat pedagang sekarang sekira Rp 60 ribu per kg. Harga ini memang tak jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya, di mana sempat meroket Rp 75 ribu per kg,” ujar Gunawan, salah satu pedagang Pasar Melonguane.

Kata dia, penurunan harga cabai ini dipicu mulai membaiknya sisi persediaan cabai yang datang dari Gorontalo dan Manado. "Stok cabai rawit dari Manado dan Gorontalo sudah mulai lancar. Para pengepul sudah mulai memasukan produk lagi," ungkap Gunawan.

Pedagang lainnya Siti (56) menambahkan, tidak hanya cabai rawit yang mulai turun, tomat juga mulai membaik harganya. "Tomat sudah turun jadi Rp 30 ribu per kg dari sebelumnya Rp 35 ribu per kg. Semua mulai turun walau perbedaan harganya tak jauh beda.

Namun kita tetap harus mewaspadai kemungkinan potensi lonjakan harga cabai rawit dalam waktu dekat. Mudah-mudahan memasuki Desember ini, persediaan melimpah, sehingga harga cabai rawit tidak harus mengalami kenaikan yang ekstrim,” harapnya.(ctr-04/can)

Kirim Komentar