11 Nov 2016 10:47

SKPD Jangan Main-main Kelola Anggaran

MyPassion
Ilustrasi

SIAU—Target realisasi anggaran di akhir tahun mencapai 95 persen. Namun pada kenyataannya masih ada Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) belum melaksanakan program kegiatan dengan maksimal.

Ini disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Dr Adry Manengkey SE MSi. “Memang sudah tidak lama lagi pelaksanaan program kegiatan tahun anggaran 2016 akan berakhir. Walaupun pada kenyataannya masih ada program kegiatan yang belum optimal atau tidak terealisaasi. Tetapi hal ini perlu dievaluasikan dan dicarikan solusi agar tahun depan tidak ada lagi hal-hal yang menghambat jalannya program,” kata Manengkey.

Namun menurutnya, pimpinan daerah memberikan perhatian yang cukup serius terhadap SKPD yang realisasinya justru jauh dari yang diharapkan. “Saya yakin bahwa belum optimalnya realisasi keuangan saat ini, bukan karena tidak mampunya kita dalam mengelola keuangan, melainkan ada berbagai persoalan yang harus kita pecahkan bersama. Bahkan karena adanya penghematan anggaran,” jelasnya.

Pimpinan daerah, dalam hal ini bupati mengharapkan adanya komitmen bersama dalam menyukseskan program yang direncanakan bersama. “Diingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD agar tidak main-main dalam melakukan perencanaan maupun pengelolaan anggaran. Karena ini merupakan gambaran kinerja dari pimpinan SKPD,” tegasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), dr Samuel Raule MKes mengatakan diprediksi, realisasi akan melebihi dari tahun sebelumnya. “Yakni mencapai lebih dari 90 persen.Jadi di masa-masa akhir tahun ini terus digenjot,” pungkasnya.(tr-01/gnr)

Komentar
Kirim Komentar