08 Nov 2016 13:27

Curah Ekstrem Tak Pengaruhi Erupsi Karangetang

MyPassion
STATUS WASPADA: Gunung berapi Karangetang saat ini berdasarakan informasi PGA Siau sedang dalam status level II. Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan. Foto: Marcella Makasili/MP

SIAU—Masyarakat tidak perlu khawatir. Cuaca ekstrem yang terjadi selang beberapa hari terakhir, sama sekali tidak akan mempengaruhi aktivitas gunung api Karangetang. Ini berdasarkan informasi dari Pos Pemantau Gunung (PGA) di Siau. Meski begitu warga tetap diminta berhati-hati.

Menurut petugas PGA Karangetang Siau, Didi Bina ST, curah hujan tinggi tidak serta merta akan menimbulkan erupsi. “Memang curah hujan tinggi, tapi tidak selalu akan berpotensi menimbulkan erupsi baik letusan maupun awan panas,” terang Bina.

Meski demikian, dikatakan Bina masyarakat harus tetap waspada sebab untuk status Karangetang sekarang ini dalam kondisi status waspada atau level II. “Tentunya warga yang berada di kawasan rawan bencana tetap hati-hati dan memperhatikan kondisi alam,” warning-nya.

Terkait musim penghujan beberapa minggu terakhir, katanya, pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi terkait ancaman lahar dingin khususnya bagi warga yang bermukim di bantaran kali aliran lahar dingin Karangetang. “Agar warga yang beraktivitas di galian c untuk tetap waspada,” imbau Bina.

Di sisi lain, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM, melalui Kepala Bagian Humas, Protokoler dan Persandian Setda Sitaro Rony Romansyah SSos, juga mengimbau masyarakat tetap waspada. “Yang terpenting warga tetap mengikuti arahan dari pemerintah maupun pihak PGA,” kuncinya.(tr-01/gnr)

Komentar
Kirim Komentar