08 Nov 2016 13:32

Bahasa Daerah Masuk Kurikulum

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST— Pemerintah memastikan, bahasa daerah akan menjadi salah satu pelajaran di bangku sekolah. Mengawalinya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) menggelar workshop terkait bahasa daerah, bertempat di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kotamobagu, kemarin.

Kepala Dikpora Rukmini Simbala di hadapan puluhan Kepala Sekolah dan guru-guru mengatakan, bahas adaerah sangat penting untuk dilestarikan. Salah satu usaha, yakni memasukkannya dalam kurikulum sekolah. “Kita harus tanamkan kepada masyarakat kotamobagu khususnya para siswa karena bahasa adalah ciri khas masyarakat. Intinya bahasa ini jangan sampai hilang,” jelas Rukmini.

Dengan adanya workshop ini, lanjutnya, seluruh sekolah SD harus mempersiapkan diri. Termasuk mempersiapkan guru yang akan mengajar bahasa daerah. “Nantinya ada pelatihan bagi para guru,” ujarnya.

Rukmini Juga mengimbau kepada orang tua murid agar dapat berperan aktif. “Perbiasakan berkomunikasi di rumah dengan bahasa Mongondow. Karena jika tidak, maka bahasa daerah ini dengan perlahan akan hilang,” tutupnya. (ctr-40/fir)

Komentar
Kirim Komentar