05 Nov 2016 09:42

PALAKAT!!Dapat Ditukar di Bank Umum, BI Tarik Tujuh Pecahan Rupiah

MyPassion

MANADO—Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mencabut dan menarik beberapa pecahan uang Rupiah pada November 2016 ini. Pencabutan dan penarikan beberapa uang rupiah dituangkan melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/27/PBI/2006. Terdiri dari empat pecahan uang kertas dan tiga pecahan uang logam. Penukaran uang kertas dan uang logam yang ditarik dan dicabut peredarannya tersebut dapat dilakukan di seluruh kantor perwakilan (KPw) BI di Indonesia.

Kepala Perwakilan BI Sulut Peter Jacobs mengimbau seluruh masyarakat yang memiliki pecahan uang tersebut, supaya dapat segera menukarkannya. “Ini program nasional. Tiap Selasa sampai Kamis, kita buka loket yang ada di Pasar 45 (Pusat Kota). Kalau masyarakat mau, bisa juga bank umum lainnya. Mana yang dekat dan dirasa nyaman oleh masyarakat. Bank umum wajib terima, karena BI pasti akan tampung,” jelasnya.  

Meski begitu, dirinya menilai program ini tidak terikat dengan batas waktu. Tak hanya itu, dirinya juga berharap bagi masyarakat yang memiliki uang dalam beragam pecahan yang kondisinya sudah tidak layak edar agar menukarkan di Bank Umum atau BI. “Pemberlakuan penarikan kemungkinan besar relatif dan fleksibel sifatnya. Bagi masyarakat yang memiliki uang yang tidak lagi layak edar, cacat dan kurang sempurna, dapat ditukarkan juga di semua bank umum. Tak hanya BI saja. Ini komitmen bank untuk melayani masyarakat,” tutupnya.(jul/har)

Komentar
Kirim Komentar