01 Nov 2016 11:37

Alasan Mengapa Mati Lampu, Ini Faktor Utamanya

MyPassion

MANADOPOST-Banyak merek genset ditawarkan, untuk dijual maupun disewakan. Dari segi harga, genset murah pun sekarang bersaing sekali, menawarkan kualitas dengan spesifikasi yang berbeda-beda dengan harga genset yang semakin terjangkau. Keberadaan genset tersebut, tentu tidak lepas dari adanya pemadaman listrik yang sering terjadi, yang membuat masyarakat di lingkungan rumah tangga kini mengandalkan genset. Padahal, dulu genset diketahui hanya banyak digunakan di lokasi industry, perkantoran, sekolah, atau di lokasi hajatan. Dulu, jarang di setiap rumah punya genset.

Selain karena kebutuhan akan listrik, pada konsumsi listrik rumah tangga yang menjadikan genset sebagai solusi mati lampu, sebetulnya untuk meredam kejengkelan. Saat listrik mati dari PLN, kebanyakan dari masyarakat jengkel. Sekalipun alasan kenapa padamnya itu jelas. Kejengkelan biasanya dipicu ketika pemadaman terjadi sebentar tapi kemudian mati lagi setelah menyala beberapa saat, dan kejadian ini berulang. Masyarakat sendiri meyakini akibat hal tersebut, tagihan listrik bisa naik.

Kemudian, ketika listrik mati tanpa pemberitahuan dan waktunya lama. Padahal, sebagian kegiatan di dalam rumah bisa terhambat jika listrik mati. Bisa dikatakan, sumber kehidupan di rumah selain air adalah listrik, dimana air juga sebagian ada yang mengandalkan listrik untuk mendapatkannya, contohnya untuk pompa air jet pump. Jadi, jika memiliki genset, mau mati lampu selama apapun, masyarakat tidak terlalu jengkel.

Faktor Terjadi Mati Lampu

Namun, akan lebih baik jika masyarakat tahu beberapa hal mengenai kenapa PLN melakukan pemadaman listrik yang tiba-tiba, hal ini biasanya karena:

  • Faktor alam yang tidak bisa diprediksi dan dihindari, misalnya hujan, petir, angin, banjir, longsor, dan bencana lainnya yang membuat aliran listrik terputus dan untuk memperbaikinya relative sulit karena beberapa hal. Misalnya sulit menembus medan atau tempatnya serta karena belum redanya situasi tersebut dan harus menunggu kondisi memungkinkan dulu.
  • Siapa sangka jika hewan juga bisa menjadi salah satu penyebab terputusnya aliran listrik. Biasanya hewan tersebut adalah hewan malam yang melewati kabel atau jaringan listrik dengan memegang 2 hingga 3 kabelnya.
  • Tumbangnya pohon memang sudah banyak diketahui bisa menyebabkan mati listrik karena jaringan listrik terputus. Untuk mengembalikan keadaan tersebut pun butuh proses. Apalagi jika keadaan ini disertai dengan hujan.
  • Terakhir, layang-layang yang nyangkut di kabel listrik.

Jadi, sudah tahu, ya?.(***)

Kirim Komentar