31 Okt 2016 09:55

Peserta Jernas Dilatih Wirausaha

MyPassion
PAMER BUDAYA: Siswa-siswi Sekolah Citra Kasih Manado menampilkan Tarian Maengket, dihadapan ratusan peserta Jernas 2016 di Mini Teater Universitas Ciputra, Surabaya. Foto: Jendri Dahar/MP

MANADO—Jambore Enterpreneurship Nasional (Jernas) 2016, sukses digelar. Keceriaan tergambar jelas dari 28 peserta asal Sekolah Citra Berkat (SCB) Manado. Mereka baru saja selesai mengasah kretivitas selama penyelenggaraan prototype project, di Surabaya, Kamis (27/10) hingga Sabtu (29/10), pekan lalu itu.

Meski tak menjadi pemenang di dua kategori yang dilombakan. Namun, kepuasan tersendiri dirasakan mereka. Bagaimana tidak, selama kegiatan berlangsung, citrapreneurs, sebutan para peserta, digenjot menjadi pengusaha sejak usia dini.

Rachel Bastian, salah satu siswa SCB Manado mengaku bahagia  dapat mengikuti kegiatan tersebut. Selain mendapat teman baru dari berbagai daerah, ia juga dapat ilmu me-manage keuangan sejak muda. “Bersyukur. Sudah bisa mulai berpikir untuk jadi wirausaha. Banyak ilmu yang didapat menjadi modal berharga,” terang putri Wakil  Wali Kota Manado Mor Bastian.

Diketahui, Ciputra Grup melalui Yayasan Citra Berkat yang menaungi Sekolah Citra Kasih (SCK) dan Sekolah Citra Berkat (SCB) seluruh Indonesia, berupaya menumbuhkan jiwa wirausaha para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sepanjang kegiatan, sejumlah aktivitas pengembang kepribadian dilalui para peserta yang berasal dari SCK/SCB seluruh Indonesia itu.

Dimulai pemberian motivasi keuntungan menjadi wirausahawan, hingga praktek langsung di lapangan. Citrapreneusrs juga dibekali manajerial anngaran lewat pemberian materi smart budgeting di Universitas Ciputra.

Di hari terkahir, Sabtu (29/10), para peserta memilih fokus project masing-masing. Setelah itu, mereka diseleksi hingga menyisahkan masing-masing15 peserta untuk kategori SMP maupun SMA. Pada babak tiga besar, citrapreneurs mempresentasikan prototype project masing-masing. Alhasil, Hazkel dari SCK Ciraland Surabaya menjadi pemenang kategori SMP dan Kyra dari Citra Garden Jakarta memenagkan kategori SMA.

 

Direktur Eksekutif Yayasan Citra Berkat Boedi Tjusila menjelaskan, Jernas merupakan wadah bagi para siswa SMP maupun SMA untuk mengembangkan potensi diri, khususnya sebagai wirausahawan.

Diungkapkan Tjusila, para peserta sudah harus memiliki prototype project, yang akan dinilai untuk menentukan citrapreurs terbaik di masing-masing bidang.

"Dengan pengalaman yang didapat, para peserta, kita harapkan dapat meningkatkan kemampuan problem solving. Menyelesaikan misi yang diberikan, mengeksplorasi serta mengeksekusinya menjadi karya prototype," ujarnya.

Sementara itu, Director Ciputra Group sekaligus Board Od Yayasan Citra Berkat berjanji, kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap tahun dengan rangkaian yang semakin variatif.

“Kita sementara mengatur kegiatan dengan skala yang lebih besar. Banyak sekolah lain di luar yayasan yang minta diikutkan tapi saya bilang ini untuk kalangan kami sendiri,” terangnya sembari tertawa. (cw-01/can)

Kirim Komentar