26 Okt 2016 10:42
Mieke: Sangat Mengecewakan Kami

Mendekati Akhir Tahun, Harga Pala Anjlok

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST—Mendekati akhir tahun, kebutuhan masyarakat di bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo dipastikan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun, sangat disayangkan hal tersebut tidak diimbangi dengan harga komoditas pala yang menjadi pendapatan utama warga Sitaro, khususnya di Siau. Pasalnya, harga komoditas unggulan tersebut anjlok hingga mencapai Rp55 ribu per kilogram.

Dari pantauan Harian ini, Selasa (25/10) kemarin harga komoditi pala terus mengalami penurunan sejak beberapa pekan lalu, dari sebelumnya berada di posisi Rp70 ribu per kilogram, turun Rp69 ribu per kilogram, dan turun lagi Rp62 ribu per kilogram. Yang terbaru, pekan ini anjlok lagi hingga Rp57 ribu per kilogram.

Hal ini disesalkan sejumlah warga Siau turunnya karena harga pala yang cukup drastis. “Penurunan kali ini sangat mengecewakan kami warga Siau karena jika bicara permintaan akhir-akhir ini cukup tinggi, kemudian bicara kualitas, kan Sitaro kualitas nomor satu tapi harganya tidak berkualitas,” kesal Mieke, salah satu IRT.

Sementara, salah satu pedagang pengumpul memang mengakui jika harga pala anjlok. “Memang harga pala sekarang ini sudah menurun karena permintaan yang turun belum lagi stok yang terus menumpuk di gudang, itu salah satu penyebabnya harga pala mengalami penurunan,” tutur Kepala Gudang Produksi Pala Siau, Mekris.(tr-01/gnr)

Kirim Komentar