24 Okt 2016 18:13

Wah, Bupati Ini Wawancara Langsung Calon Kepala Desanya 3 Hari 3 Malam

MyPassion
MENANGIS: Calon Sangadi yang terakhir tak sanggup menahan air mata karena anaknya yang sedang sakit mau dibantu Bupati Sehan Landjar / FOTO: Lucky Mamahit/MP

MANADOPOST - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar terjung langsung mencari kepala desa (sangadi). Selama tiga hari tiga malam, Bupati Sehan ikut mewawancarai 231 calon sangadi dari 63 desa.

Bersama Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan tim seleksi calon sangadi, Sehan bertahan menghadapi calon sangaidi. "Kita tes satu per satu, kemampuannya,  wawasannya,  dan terpenting kejujuran, " ujar Sehan saat ditemui di ruang kerjanya.

Terlihat di raut wajahnya, Bupati yang akrab disapa Eyang ini terlihat lelah. Menurutnya cara ini adalah yang pertama di Indonesia. "Pertama kalinya bupati yang tes langsung calon kepala desa. Kita tes selama 3 hari.  Non stop  hingga subuh," ujar bupati.

Eyang mengatakan ada yang rela meninggalkan pekerjaan demi menjadi sangadi. Padahal gajinya lebih besar daripada sangadi. "Ada yang benar-benar ingin mengabdi. Tapi sebagian besar dengan motivasi lain," tuturnya.

Menurut Eyang, calon sangadi yang punya motivasi tidak baik akan ketahuan. "Dana desa itu mencapai miliaran. Ada yang mencalonkan diri karena motivasi yang salah," tutupnya. (ctr-47/mpo)

Kirim Komentar