20 Okt 2016 08:13
Derap Pembangunan Infrastruktur di Seluruh Penjuru Negeri

Refleksi Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

MyPassion
SEGAR: Presiden Joko Widodo membasuh muka dengan air laut, usai meresmikan bandara Miangas, kemarin. Foto: Agus Suparto Fotografer Kepresidenan

MANADOPOST— Ibarat tubuh, infrastruktur transportasi layaknya nadi yang mengalirkan darah ekonomi, sehingga jantung pembangunan tetap berdenyut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) faham soal ini, sehingga menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas. Selama dua tahun pertama ini, pemerintah tampak langsung tancap gas menggenjot proyek-proyek infrastruktur.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur dipercepat demi mengejar konektivitas antarwilayah. Targetnya, tidak ada lagi daerah yang terisolir. Karena itu, infrastruktur yang diprioritaskan adalah jalan, jembatan, jalur kereta api, pelabuhan, dan bandara. Tidak sekadar dibangun, namun seluruh jenis infrastruktur itu harus terkoneksi satu sama lain. Sehingga, memudahkan masyarakat yang akan berganti moda transportasi.

’’NKRI hadir dalam bentuk paling konkret, yakni menyediakan transportasi bagi warganya, pelayanan publik terbaik, sampai ke wilayah paling jauh dari ibu kota negara,’’ ujar Jokowi saat meresmikan bandara di Pulau Miangas, Sulawesi Utara kemarin (19/10).

Komitmen menempatkan pembangunan infrastruktur itu langsung diterjemahkan dengan merombak kebijakan fiskal. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang selama ini banyak tersedot untuk subsidi energi yang kurang tepat sasaran, kini lebih banyak dialokasikan untuk belanja produktif. Karena itu, tak mengherankan jika anggaran belenja infrastruktur yang pada 2014 hanya sebesar Rp 177,9 triliun, pada 2016 sudah melonjak hingga Rp 317,1 triliun. Bahkan, pada 2017 nanti melesat hingga Rp 346,6 triliun.

Tak hanya alokasi dana yang diubah oleh Jokowi. Target wilayah pembangunan infrastruktur pun banyak diubah. Mengusung konsep Indonesia Sentris, Jokowi merombak paradigm bahwa pembangunan infrastruktur hanya berpusat di Jawa saja.

123
Kirim Komentar