17 Okt 2016 08:40

Pilbub Bolmong-Sangihe, OD-SVR Adu Strategi

MyPassion

MANADOPOST — Pesta demokrasi menjadi ajang pembuktian kekuatan partai politik, dan figur di belakangnya. Hal ini terjadi di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dua daerah besar ini menjadi ujian pertama Ketua PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey (OD), pascadilantik menjadi Gubernur Sulut. Begitu juga bagi Stefanus Vreeke Runtu (SVR). Ini Pilbup pertama baginya setelah ditetapkan kembali sebagai Ketua Partai Golkar Sulut.

Baik OD maupun SVR membidik kemenangan di dua daerah tersebut. Gengsi personal dan gengsi partai dipertaruhkan. Tak heran jika PDI-P benar-benar mempersiapkan matang Pilbup di Bolmong dan Sangihe. Pengurus DPD dikerahkan, melalui tim-tim yang dibentuk untuk mengkoordinir pemenangan di Pilbup 2017 mendatang. Mengusung incumbent bupati Drs HR Makagansa MSi dan dr Fransiscus Silangen SPb, PDI-P yakin bisa memenangkan DL 1 A dari lawannya incumbent Wabup Jabes Esar Gaghana dan Helmut Hontong.

Pasangan yang diusung Partai Golkar dan Partai Hanura ini tak boleh dipandang sebelah mata. Baik Jabes maupun Helmut (kader Golkar) dikenal dekat masyarakat. Jabes juga diketahui adalah kader PDI-P sejak tahun 1990-an. Pendukungnya yang menggunakan seragam PDI-P diyakin belum habis, walaupun posisi Ketua PDI-P Sangihe sudah dicopot darinya.

Di Bolmong, PDI-P bersama PAN mengusung Yasti Soepredjo Mokoagouw dan mantan Wabup Yanny Tuuk. Lawan mereka, Salihi Mokodongan dan Jefri Tumelap, calon dari Golkar dan Partai Demokrat. Kedua pasangan calon ini membawa ciri khas sendiri dan sangat tampak sama kuat di lapangan. Yasti yang adalah anggota DPR-RI, elektabilitasnya sudah teruji.

Belum lagi jasa-jasanya dalam menggolkan proyek-proyek besar di Tanah Totabuan. Politisi PAN ini juga dikenal cukup dekat dengan OD. Sangat pas dipasangkan dengan Tuuk. Sedangkan Salihi dan Tumelap, meski sudah melepas jabatan sebagai bupati, Salihi masih tangguh. Sangat bisa menandingi kepopuleran Yasti-Yanny.

123
Kirim Komentar