17 Okt 2016 10:31

Jelajahi Underwater Pulau Makalehi

MyPassion
MEMESONA: Kondisi bawah laut Pulau Makalehi. Ini jadi lokasi andalan para divers untuk melakukan penyelaman. Foto: Buyung Mangangue for MP

Pulau Makalehi tidak hanya dikenal dengan danau yang berbentuk buah hati atau terkenal dengan sebutan Danau Cinta. Namun, kondisi alam bawah laut Makalehi juga tak kalah menariknya dengan daerah lainnya yang memiliki spot-spot diving.

Laporan: Marcella Makasili, Siau Barat

PULAU Makalehi terletak di bagian barat Kabupaten Kepulauan Sitaro tepatnya di Kecamatan Siau Barat. Pulau Makalehi merupakan salah satu pulau terluar di wilayah Sulawesi Utara. Pulau yang berpenghuni ini memiliki total luas wilayah 420 hektare (Ha), yang terdiri dari pemukiman seluas 30 Ha, lahan pertanian dan perkebunan 380 Ha, hutan lindung 2 Ha serta danau 8 Ha.

Saat wartawan Harian ini menuju Pulau Makalehi beberapa waktu lalu bersama tim Diving Center Limango untuk melakukan survei tentang underwater (bawah laut) Pulau Makalehi, ternyata begitu banyak pemandangan yang mengejutkan. Pulau ini mempunyai ribuan keanekaragaman biota laut. Seperti terumbu karang, mangrove, padang lamun, ikan-ikan karang dan sebagainya. Underwater Pulau Makalehi pada umumnya didominasi wall dengan karakter cave atau goa- goa alam sepanjang depan kampung yang di bungkus karang.

Salah satu tim Diving Center Limango, Buyung Mangangue mengatakan populasi spesies saat diving akan ditemui Bump Head dan Napoleon. “Kadang juga kita akan jumpai beberapa jenis penyu. Seperti Penyu Belimbing dan Penyu Hijau. Pada bagian selatan Pulau Makalehi dapat kita temui struktur muntahan Lava dari bekas gunung yang telah  lama mati dan dibungkus karang landai (slove). Hingga batu-batu  besar yang saling menindih dan berujung pada wall nan indah," katanya.

12