30 Sep 2016 11:02
Demi Selamatkan Keuangan, Blackberry Hentikan Pembuatan Ponsel

RIP Blackberry

MyPassion
TINGGAL KENANGAN: Kim Kardashian termasuk salah satu selebriti pengguna handphone asal Kanada tersebut / FOTO: E!

MANADOPOST - Ikon pengusaha telepon seluler (Ponsel) masa lalu satu per satu mulai tumbang. Setelah Nokia dan Ericsson, kini BlackBerry memutuskan menghentikan produksi Ponselnya.
Di era kejayaannya, BlackBerrry sempat membuat penguasa Ponsel kelabakan. Terinspirasi dari CrackBerry, mereka membuat fenomena budaya dengan menggabungkan fungsi email dan komunikasi dalam sebuah ponsel.
Salah satu yang paling fenomenal adalah kehadiran fasilitas BBM yang pelan-pelan mampu menggusur fungsi SMS di ponsel-ponsel pesaingnya.
Namun keperkasaan mereka mulai goyah setelah bermunculan aplikasi messanger seperti WhatsApp, Kakao, dan aplikasi serupa lainnya.
Meski menghentikan produksi ponselnya, Balckberry kemungkinan takkan menghilang sepenuhnya. Perusahaan hanya akan berhenti membuat desain ponsel dan menyerahkan pengembangannya kepada perusahaan lain.
Keputusan ini mengakhiri spekulasi masa depan Ponsel BlackBerry yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Apalagi posisi mereka semakin jauh tertinggal oleh Apple dan Samsung.
BlackBerry sebetulnya tak menyerah begitu saja dalam kancah persaingan Ponsel. Mereka sempat mengembangkan aplikasi BBM yang bisa dijalankan lewat sistem operasi Android. Namun tampaknya upaya itu tak berhasil.
"Perusahaan berencana mengakhiri seluruh pengembangkan hardware dan mengalihkan fungsi itu kepada mitra kerja," kata CEO BlackBerry John Chen mengutip laman Independent, Kamis (29/9).
 Menurut John keputusan menutup salah satu unit bisnisnya itu merupakan cara untuk menyelamatkan keuangan perusahaan.
Setelah tak memproduksi Ponsel, BlackBerry selanjutnya akan fokus pada pengembangan perangkat lunak. Unit bisnis ini dianggap sudah memiliki posisi lebih baik. (gre/mpo)

Kirim Komentar