30 Sep 2016 07:55
Kurangi Daging, Jadikan Ikan Menu Utama

Kaya Manfaat, Sehat, Lezat

MyPassion

Hidup sehat penting. Salah satunya atur pola makan dengan mengurangi daging, dan beralih ke ikan. Beruntung Sulawesi Utara surganya ikan.

Lelaki itu merayakan hari ulang tahunnya yang ke 30. Tak ingin menikmati bahagianya sendiri, pas jam makan siang, rekan-rekan sekantor diajak menikmati ikan bakar. Macam-macam ikan disajikan di meja. Sesuai pilihan. Satu orang satu ekor. Dengan lahap dan sambil berbincang diselingi tawa, satu ekor ikan habis. Selesai makan, Angky dan enam rekan kantornya menuju mobil dan bergegas ke tempat kerja. Semua sepakat, makan ikan itu sehat dan lezat.

Makan ikan sedang tren. Data dari Badan Ketahanan Pangan Sulut, konsumsi ikan tren naik. Terbalik dengan daging. Terus mengalami penurunan. Padahal, data produksi daging di Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut naik.
Tren positif ini dipicu kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Ramai-ramai menjadikan ikan sebagai menu utama. Mari keliling Manado. Hampir semua rumah makan ikan di kota ini laris manis. Seakan tiada bosan, setiap hari masyarakat menyerbu tempat ikan bakar.

Realita ini dinilai baik Dr Ir Suria Darwisito MSc, ahli perikanan sekaligus dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi. Tak ada batasan jumlah konsumsi ikan. “Tak ada efek sampingnya,” ucap Encik Ria. Sejak balita hingga 18 tahun, ikan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir.

Begitu pula penjelasan Kepala Instalasi Cardiac Center RSUP Prof Kandou dr Adrian Tangkilisan SpBTKV. Ikan adalah sumber protein tanpa lemak dan bernutrisi. Makanan rendah kalori, berprotein tinggi dan baik untuk otak. Semua manfaat ikan (lihat grafis,red) berasal dari Asam Omega 3 lemak tak jenuh ganda. Populer disebut sebagai Omega 3, yang banyak terdapat dalam minyak ikan.

Ahli gizi RS Gunung Maria Tomohon Fitria Pelleng AMG menambahkan, kandungan gizi yang terkandung dalam ikan sangat banyak di samping Omega 3. Protein ikan sangat tinggi. Melebihi kandungan pada daging. Keunggulan lain ikan adalah mineralnya. “Ikan mengandung lebih banyak mineral segar dari laut, sehingga sehat dikonsumsi dengan pengolahan yang sehat.” Masih ada lagi. Kandungan serat protein dalam ikan lebih pendek dari daging. Inilah yang membuat ikan mudah dicerna. Makanya, ikan dan hasil olahannya banyak dimanfaatkan orang yang mengalami kesulitan pencernaan. "Kandungan vitaminnya juga banyak," sebut Fitri.

12
Kirim Komentar