29 Sep 2016 08:51

Mama-Papa, Anda Harus Tahu Ini!

MyPassion

MANADOPOST-Terlalu lama bermain gadget punya bahaya besar bagi perkembangan anak. Fisik maupun psikologisnya. Semakin muda usia, semakin tinggi bahaya. Menurut dr Hesti Lestari SpA(K), sebenarnya gadget belum disarankan untuk anak usia sampai 8 tahun. Dapat mempengaruhi kemampuan sosialisasi dan motorik halus.

Pada anak yang baru mau belajar bicara, akan mengganggu proses komunikasi dua arah. Jika anaknya sudah bisa bicara, akan mengganggu sosialisasi. Perkembangan motorik kasar juga akan terganggu. Karena anak menjadi kurang aktif. Motorik halusnya juga terpengaruh. Seperti, cara pegang pensil, hingga pegang sendok.

Selain itu, kata dr Lestari, anak-anak juga akan berisiko mengalami susah tidur, nyeri pada bahu, leher, punggung, tangan dan jari. Khusus terhadap organ mata, lanjutnya, otot-otot menjadi cepat lelah dan membuat penglihatan menjadi buram. Bola mata lebih lentur atau memanjang dan menyebabkan anak rentan menderita rabun jauh (miopia). Kemudian, frekuensi berkedip akan berkurang sehingga bakal sering mengeluh matanya perih atau nyeri, serta mengalami mata kering.

12
Kirim Komentar