17 Sep 2016 10:28

Woww, Surga Tersembungi Ini Miliki Panorama Indah

MyPassion
MEMUKAU: Keindahan Pulau Manumpitaeng. Anda wajib berkunjung ke pulau ini. Foto: Yohanes Reart MP

MANADOPOST– Kabupaten Kepulauan Sitaro menyimpan banyak surga tersembunyi. Salah satunya Pulau Manumpitaeng. Pulau dalam cluster Buhias ini, berada tepat di depan Kota Ulu, sebagai pusat perdagangan Sitaro. Hanya butuh waktu sekira 30 menit dengan menggunakan speedboat, Pulau Manumpitaeng bisa dijangkau melalui Pelabuhan Ulu. Pulau kecil ini hanya dihuni satu keluarga yang menjaga kebun kelapa.

Anda akan dibuat terkejut saat speedboat mulai memasuki perairan Pulau Manumpitaeng yang dikelilingi beberapa pulau lainnya, termasuk Pulau Mahoro yang sangat eksotis dibelakangnya. Pasir putih nan lembut langsung menggoda, apalagi gradasi air lautnya dari hijau tosca ke warna kebiru-biruan tak bisa menahan rasa untuk segera menceburkan diri ke laut dan mandi sepuasnya.

Menuju Pulau Manumpitaeng memang akan terasa lengkap jika membuat tenda dan menginap semalam. Pastikan Anda membawa persediaan makanan dari Pulau Siau, karena pulau ini tak ada seorangpun yang berjualan.

Waktu yang tepat, yakni sore hari agar bisa menikmati sunset dan paginya bisa menunggu matahari terbit di sisi timur. Jika matahari telah naik, segeralah ke punggung bukit yang terdapat di bagian tengah Manumpitaeng, tidak dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendakinya.

Cukup sepuluh menit Anda bisa berada di posisi tertinggi dan bisa menikmati panorama indah sekeliling Manumpitaeng. Tentu saran yang sangat bagus adalah jangan lupa membawa kamera. Anda juga bisa mengintip kawah Karangetang di kejauhan. Gunung yang tak pernah berhenti mengeluarkan percikan api di puncak kawahnya ini, menjadi bonus penutup perjalanan Anda ke Pulau Manumpitaeng.

Pelaku pariwisata Sitaro Buyung Mangangue menuturkan, Sitaro merupakan kabupaten bahari karena potensi kebaharian yang dimilikinya sangat besar. Dengan posisi tersebut, sederet destinasi wisata bahari sayang jika belum dikelola secara masksimal. Padahal, Sitaro sebenarnya punya keunggulan dilihat dari jaraknya yang cukup dekat dengan Kota Manado.

Hanya butuh sekitar empat jam perjalanan dengan kapal cepat untuk mencapai Pulau Siau sebagai pusat pemerintahan Sitaro. “Jika ada pelaku pariwisata yang bisa membuat paket seperti trip ke Bunaken yang sudah terkenal itu dapat terintegrasi dengan destinasi di Sitaro. Karena Kabupaten Kepulauan Sitaro juga menyimpan spot-spot dive yang tak kalah indahnya,” tukas Buyung.(tr-01/tan)

Kirim Komentar