14 Sep 2016 12:40
Kahiking: Batas Pemasukan Berkas Hingga Awal November

Beasiswa 1,1 M Disiapkan untuk 315 Mahasiswa, Ini Persyaratannya

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST— Mahasiswa asal Sitaro yang sementara menimba ilmu di luar daerah, bakal menerima  bantuan  biaya pendidikan. Anggaran sekira Rp1.102.500.000 disiapkan untuk kuota 315 mahasiswa. Artinya, setiap mahasiswa akan menerima kucuran dana sekira Rp3,5 juta per tahun.

Bupati Toni Supit SE MM menjamin, penerima beasiswa ini sudah sesuai dengan kriteria dan tepat sasaran. "Daerah kami memang sudah jelas bagi penerima beasiswa harus menyertakan surat keterangan tidak mampu dari pihak kampung dan kelurahan. Jadi, tidak mungkin pemerintah setempat memanipulasi data. Intinya, penerimanya dari kalangan kurang mampu dan cerdas," lugasnya.

Mekanisme penyaluran kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Robert Kahiking MM, mahasiswa melengkapi segala kelengkapan berkas. Yakni surat keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat dan transkrip nilai dari tempat kuliah. "Sebab, indeks prestasi (IP) minimal 2,75. Ini merupakan salah satu kriteria untuk mendapatkan beasiswa dari Pemkab Kepulauan Sitaro," jelasnya belum lama ini.

Kahiking menyebutkan, sejauh ini yang terealisasi pembayaran beasiswa baru sekira 221 mahasiswa. "Untuk penyaluran tahap III ini, baru ada 15 mahasiswa yang memasukan kelengkapan berkas. Sementara itu, masih ada sekitar 79 mahasiswa yang belum memasukan kelengkapan berkas," ucapnya.

Untuk itu, Robert mengimbau, bagi para mahasiswa penerima beasiswa diharapkan secepatnya merampungkan segala kelengkapan berkas agar segera diproses Dikpora Sitaro. "Batas pemasukan berkas hingga awal November. Semoga bantuan pemerintah daerah ini, bisa dipergunakan sebaik mungkin untuk keperluan perkuliahan," imbuhnya.

Kepedulian pemerintah daerah terhadap mahasiswa ekonomi lemah, mendapat apresiasi positif warga. Aktifis muda Sitaro Harto Narasiang menegaskan, penyaluran beasiswa tersebut, harus selektif dan tepat sasaran. "Jangan sampai anak pejabat yang diakomodir. Untuk itu, penyaluran beasiswa harus benar-benar sesuai kriteria dan tepat sasaran," tandasnya.(tr-01/tan)

Komentar
  • MyPassion

    Indira Gustika Urbanus
    26 Sep 2016 08:45

    Bagaimana dengan kejelasan beasiswa pemerintah sitaro yang diberikan pada 11 Mahasiswa asal sitaro pada Tahun 2012 untuk mengikuti Pendidikan di 6 Universitas, ada yang di Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Manado,Universitas Negeri Surabaya,Universitas Negeri Makasar,Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta. Program yang kami ikuti ini bernama PPGT/P3GT (PROGRAM PROFESI GURU TERINTEGRASI) Perjanjiannya Setelah Kami mengikuti Pendidikan Selama 5tahun Kami kembali mengabdi di daerah yang sudah membiayainya kami tapi kenyataannya ada angkatan 2011 yg sudah selesai tahun ini malah di suru untuk mencari pekerjaan sendiri tapi itu bukan mahasiswa Sitaro Sebagian dri kami ada dari NTT,PAPUA dan ACEH. Jika nanti Kami yang dari Sitaro telah menyelesaikan Perkuliahan kami apakah, kami juga akan dipergunakan sebagai mana janji pada 4thn yang lalu sewaktu kami lulus dari tes Dikti Pusat? Karena sebelumnya ada teman2 kami yang datang melapor kedinas katanya Dinas tidak tahu bahwa kami adalah utusan daerah yang di sekolahkan pemerintah daerah Sitro. Kami minta kejelasannya dan kebijakannya dari Bapak. Toni Supit Selaku Bupati Sitaro dan Kepala Dinas Dikpora Sitaro Bpk. Robert Kahiking. Terima Kasih
Kirim Komentar