12 Sep 2016 12:13

Wisata Ekstrem Gunung Ambang

MyPassion
MENANTANG: Pemandangan kawah Gunung Ambang. Lokasi ini sering dijadikan spot para pendaki untuk mengabadikan momen pendakian. Foto: Dany Mokodongan for MP

TUTUYAN–Bolaang Mongondow Timur memiliki banyak potensi pariwisata. Selain wisata pantai yang paling digemari. Berwisata ektreme ke Gunung Ambang jadi pilihan favorit sebagian masyarakat.

Untuk bisa tiba di gunung yang berketinggian 1.689 Mdpl ini. Para pendaki maupun masyarakat umum bisa memulainya dari Desa Bongkudai. Nah, dari spot ini para pecinta alam bisa menempuh waktu sekira 1 jam ke ‘sasaran’.

Selama dalam perjalanan wisatawan bakal dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Ranting, pepohonan hijau dan tebing-tebing dengan beragam motifnya, dipastikan akan memanjakan mata para pengagum wisata ektreme ini. “Gunung Ambang merupakan salah satu tempat andalan kami jika ada libur panjang maupun akhir pekan,” ungkap Haris Mokodongan, pendaki asal Kotamobagu saat ditemui di Desa Bongkudai.

Wisatawan lainnya juga menyebutkan, melakukan pendakian ke Gunung Ambang bisa menghilangkan kepenatan dan stres usai beraktivitas. “Alamnya benar-benar masih alami. Masih terawat. Hawa dinginnya bikin sejuk dan menjadi andalan pendaki. Sebab, tanpa terasa perjalanan yang lumayan jauh bisa berhasil ditempuh karena suhunya yang dingin,” sambung Rezka salah satu pendaki perempuan.

Daya tarik Gunung Ambang tak hanya bagi masyarakat lokal. Banyak masyarakat dari luar BMR, juga menjadikan gunung ini sebagai salah satu lokasi wisata andalan. Bahkan menurut masyarakat di kaki Gunung Ambang, mereka sering melihat wisatawan mancanegara. “Iya, sering ada turis-turis dari luar negeri yang naik Gunung Ambang,” ujar Ahmad, warga setempat.(tr-02/gnr)

Kirim Komentar