09 Sep 2016 09:41
Kisah Indah Purnomo, 17 Tahun Lawan Kanker

Sempat Lumpuh dan Botak, Kini Calon Sarjana Kesehatan

MyPassion
SURVIVOR: Indah Purnomo (kemeja kotak) bersama perawat di Pusat Kanker Anak “Estella” RSUP Prof Kandou Manado, saat peringatan Hari Perawat Anak Kanker Sedunia, Kamis (8/9) kemarin. Foto: Humas RSUPKandou

Tak mudah kehidupan yang dilalui Indah Purnomo. Mantan pasien Pusat Kanker Anak Estella RSUP Prof Kandou Manado ini, 17 tahun berjuang melawan kanker. Kini dia sudah sembuh. Bahkan tidak lama lagi dia menyandang Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Laporan: Harry Paat

KINI Indah mengabdikan dirinya sebagai survivor bagi anak-anak penderita kanker di Manado. Perjuangan berat yang dilaluinya selama 17 tahun melawan penyakit mematikan ini, bekalnya memotivasi para pasien. Dikisahkan Indah, aktivitas tersebut bagian dari kepeduliannya pada anak-anak yang divonis menderita kanker.

Teringat kala dirinya harus berjuang didampingi orang tuanya, menghadapi keganasan penyakit kanker. “Sejak didiagnosa pada usia 3-4 tahun, saya sudah menjalani pengobatan rutin kanker di Irina E RSUP Prof Kandou,” ucapnya, mengingat masa-masa berobat, sebelum ada Pusat Kanker Anak “Estella” di RSUP Prof Kandou Manado.

Proses pengobatan dan perawatan tersebut dijalaninya hingga berusia 17 tahun. Setelahnya, Indah mengikuti kemoterapi selama dua tahun. Akhirnya, pada usia 20 tahun, Indah dinyatakan sembuh dari salah satu penyakit mematikan di dunia ini.

Diakui Indah, selama proses kemoterapi, dia sempat lumpuh. Selain itu, rambut rontok hingga botak. Seluruh tubuh pun ditumbuhi bulu. “Namun, saya bertekad untuk menjalani kemoterapi dengan sungguh-sungguh. Apalagi, dukungan besar diberikan orang tua,” ucapnya.

Salah satu yang membanggakan, Indah saat ini telah berada di semester akhir di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. “Kiranya ini menjadi motivasi bagi para penderita kanker. Bahwa penyakit ini dapat disembuhkan, asalkan mengikuti terapi dengan benar dan sesuai jadwal,” ungkapnya.

12
Kirim Komentar