05 Sep 2016 10:09

Tour Leader Perancis Survei Lapangan, Turis Eropa Lirik Sulut

MyPassion
MEMBLUDAK: Selain mengunjungi tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan, turis China juga berburu buah durian. Seperti yang terlihat di kawasan Boulevard, Minggu (4/9). Foto: Paul Bawole/MP

MANADO—Pesona bumi Nyiur Melambai, sukses menarik belasan ribu wisatawan  China. Capaian ini, tak lantas membuat Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw puas.

Sulut dipastikan akan dipenuhi tamu asing dari berbagai negara. Belum juga dibuka penerbangan langsung Davao-Manado dan Brunei-Manado. Pemprov Sulut bersiap menyambut kedatangan turis Eropa. Kandouw mengakui perwakilan tour leader asal Perancis telah melakukan peninjauan di Sulut.

Hal tersebut, menurut dia, merupakan tindak lanjut dari kunjungan gubernur beberapa waktu lalu. Ia pun meyakini kesuksesan yang sama akan diraih. “Kita tidak bisa berpuas diri kita harus terus menggenjot. Di Tiongkok saja ada banyak hal yang belum terealisasi,” terang Kandouw, yang hari ini merayakan ulang tahun ke-47.

Lanjutnya, ada beberapa direct flight dari China yang belum dibuka. Dari Shanghai dan Beijing, katanya, potensi keuntungannya sangat besar. “ Silahkan tanyakan Angkasa Pura dan Silk Air. Turis Eropa pasti akan semakin banyak di Sulut. Kalau tidak Kadisnya yang kita korbankan,” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ir Happy Korah MSi optimis pariwisata Sulut dapat terus ditingkatkan. Kerjasama semua pihak terkait, katanya, sejauh ini berjalan baik. Dirinya juga memastikan setiap kekurangan terus dievaluasi. “Sehingga nanti seiring dengan berjalannya waktu kualitas pariwisata kita akan semakin maju. Dan semakin dilirik negara lain,” tukasnya.(ctr-02/tan)

Komentar
  • MyPassion

    Sam.michael de oro
    09 Sep 2016 16:20

    Pemerintah sulut harus rajin mempromosi pariwisata sulut ke luar negeri serta memberikan kemudaan bgt tourist asing dn dlm negeri utk tinggl berapa lama di sulut serta pembangunan pengembangan bandara sam ratulangi manado seceptnja dibangun. Kebudayaan dri minahasa maupun sulut umumnja digalakkan didlm negeri maupun luar negeri
Kirim Komentar