31 Agu 2016 08:05

Orang Tua Ngeri, Kampus Ngeri

MyPassion

PEKERJAAN paling mengerikan ternyata adalah jadi orang tua. Pekerjaan paling mengerikan selanjutnya mungkin adalah pengelola institusi pendidikan serta para staf pengajarnya.

***

Waktu tinggal sendirian saat kuliah dulu, saya dikenal teman-teman sebagai orang yang sangat rapi. Di apartemen, sepatu-sepatu saya selalu berjajar rapi. Barang-barang tertata rapi, khususnya koleksi mainan, buku-buku, serta CD lagu dan film format VHS (zaman itu).

Saking rapinya, buku dan CD diatur sesuai urutan alfabet. Baju di lemari pun ditata sesuai warna.

Dapur bersih kinclong. Ibu saya sendiri sampai bingung saya atur-atur kalau pas sedang berkunjung. Kamar mandi juga tidak kalah bersih.

Dan kalau sedang ada party (maklum anak muda, wkwkwkwk), ketika yang lain tidur, saya justru asyik membereskan botol-botol dan kaleng-kaleng minuman, lalu memvakum karpet sampai dini hari.

Serius. Wkwkwkwk…

Ada teman yang bilang saya ini agak-agak OCD alias obsessive compulsive disorder. Segalanya harus sesuai dan pas. Tapi, itu tidak selalu negatif kok. Karena mungkin gara-gara itu juga dulu teman-teman betah hangout di tempat saya, dan saya gampang dapat pacar. Wkwkwkwkwk…

Sekarang, tanda-tanda itu mulai kelihatan pada anak saya. Yang pertama, laki-laki umur 8 tahun, tergolong sudah pintar menata kamar. Buku-buku ditata rapi sendiri. Mainan diatur sesuai urutan.

Istri saya sempat pusing melihat ulahnya menempeli dinding atau tempat tidur dengan gambar-gambar. Tapi, setelah dilihat, tatanannya tergolong rapi dan menarik. Ada alur dan logikanya. Tidak asal tempel.

Anak saya yang kedua, perempuan umur hampir 7 tahun, juga ada miripnya. Dia suka memilih sendiri dandanan, dan suka marah-marah kalau sepatu tidak pas, baju tidak matching, atau hal-hal kecil lain yang tidak ’’pas’’. Dan dia akan menuntut perfection/kesempurnaan, baru bisa kembali tenang.

Salah satu sahabat saya waktu kuliah dulu pernah bilang, kita baru sadar kalau kita ini jadi orang tua saat melihat anak kita melakukan sesuatu yang mirip dengan kita.

Bagi dia, itu ketika dia bangun tidur, lalu melihat posisi tidur anaknya mirip sekali dengan dia.

123
Berita Terkait
Kirim Komentar