27 Agu 2016 10:42

Taman Air Sejukkan Hunian

MyPassion
Foto: Reza Mangantar/MP

MANADO—Setiap orang pasti memiliki permasalahan tersendiri dengan hunian mereka. Rasa bosan kerap menyergap karena suasana rumah terasa stagnan. Jika sudah begitu tentu Anda harus melakukan beberapa perbaikan.

Salah satunya dengan membuat taman air. Taman air pada dasarnya hampir sama dengan taman biasa. Yang membedakannya hanya soal habitat. Anda bisa membuatnya dengan memadupadankan aneka tanaman hias agar tercapai komposisi tanaman yang artistik.

Salah satu hunian yang memiliki taman air yakni milik Keluarga Jocom-Lumowa di kawasan perbukitan Paal IV Lingkungan I, Manado. Meski menghabiskan budget hingga ratusan juta, Dr Deysie Lumowa MPd, mengaku puas. Selain huniannya semakin asri, hobinya mengoleksi tanaman hias tersalurkan.

Kepala SMA N 1 Manado ini menuturkan, jika Anda ingin membuat atau sudah memiliki taman air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan. “Pertama mengombinasikan tanaman yang tenggelam atau tumbuh di dasar kolam, tanaman yang tumbuh di pinggiran kolam, dan tanaman yang mengambang di permukaan kolam,” katanya.

Hal selanjutnya adalah cara menanam yang baik untuk masing-masing jenis tersebut. “Tanaman yang tumbuh di pinggiran kolam bisa langsung ditanam pada tanah basah di tepian kolam tersebut. Namun jika pinggiran kolam Anda dilapisi dengan semen atau plastik, Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot,” jelasnya.

Lanjutnya, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam merawat taman air adalah menjaga kualitas dan kuantitas air. “Secara rutin, Anda perlu membuang bunga-bunga yang telah layu dan daun-daun yang sudah menguning. Jika tanaman yang mengambang sudah terlalu banyak dan menutupi sebagian besar permukaan kolam, Anda juga perlu mengurangi jumlahnya,” pungkas perempuan yang mulia mengoleksi tanaman hias sejak 2010 ini.(MP)

Kirim Komentar