29 Jul 2016 09:45
Kawatu Cs Jadi Lawan Silangen

Olly: Belum Ada yang Kirim Surat, Mungkin Mereka Takut

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOST — Seleksi posisi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut sedang berlangsung. Namun hingga Kamis (28/7) kemarin, belum ada satupun pejabat senior Pemprov Sulut yang mendaftarkan diri. "Sampai hari ini belum ada yang daftar," beber Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Femmy Suluh, kemarin. Kabar beredar, belum ada pejabat yang mengantongi rekomendasi gubernur. Ini adalah salah satu syaratnya. "Memang untuk daftar, harus ada rekomendasi gubernur," ucap Suluh.

Bahkan Edwin Silangen, pejabat yang santer diberitakan punya kans kuat menggantikan Ir Siswa R Mokodongan, belum kantongi rekomendasi. "Saya belum dapat rekomendasi. Kalau soal itu bisa ke BKD," kata mantan Asisten III Setprov ini, menjawab pertanyaan wartawan, kemarin. Untuk syarat-syarat lain, di luar rekomendasi, Silangen mengatakan sudah siap. "Saya belum mau banyak komentar dulu ya. Kan ada Kepala BKD kalau soal syarat," ujar Kepala Kesbangpol ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Koran ini, tak hanya Silangen. Namun ada beberapa rekannya yang punya peluang diberikan rekomendasi Gubernur Olly Dondokambey untuk mendaftar di panitia seleksi (Pansel). Seperti Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Gammy Kawatu, dan Sekkab Minahasa Jefry Korengkeng.

Dari sumber membeberkan, nama-nama ini bisa jadi pesaing Silangen. "Tapi sampai saat ini, Edwin Silangen yang paling berpeluang," bisiknya. Lalu mengapa nama Roy Roring tak dimasukkan dalam kandidat Sekprov? Sumber menyebut, Roring memang belum akan berada di posisi Sekprov. "Ada posisi lain yang sudah disediakan gubernur. Jadi Pak Roy kemungkinan tak akan mendapatkan rekomendasi," tutup sumber.

Di sisi lain, Roy Roring saat dimintai tanggapan soal seleksi Sekprov ini memilih pelit bicara. "Kita serahkan ke Pak Gubernur dan pansel saja. Kita ini birokrat. Ditempatkan di mana saja harus siap," tegas Kepala Bappeda ini. Seperti diketahui, tahapan penentuan Sekprov kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Menggunakan tahapan seleksi sesuai Undang-undang ASN terbaru.

Gubernur Olly Dondokambey ketika dikonfirmasi mengenai permintaan rekomendasi dari para pejabat senior mengaku hingga Rabu (27/7) belum ada yang minta. “Sampai hari ini belum ada yang kirim surat izin ke saya. Mungkin mereka takut,” canda Olly.(ctr-02/gel)

Kirim Komentar