06 Feb 2016 05:12

Chelsea vs Manchester United, Panggung Hazard atau Rooney

MyPassion
Wayne Rooney dan Eden Hazard

MANADOPOST.CO - Chelsea menjamu Manchester United, pada laga lanjutan Premier League 2015-2016, di Stadion Stamford Bridge, Minggu (7/2) 23.00 WIB. Dua individu, Eden Hazard di kubu tuan rumah dan Wayne Rooney yang berkostum tim tamu, bakal menjadi magnet pertandingan.

Fans Chelsea terus menunggu munculnya kehebatan Hazard seperti musim lalu. Sedangkan Rooney sudah menunjukkan kalau dirinya kembali tajam.

 Tak pelak, pertemuan The Blues kontra The Red Devils di London, menjadi ajang bagi keduanya untuk mencari jawaban yang ditunggu penggemar, yakni konsistensi.

SosokHazard sedang menuai atensi, bukan karena ketajamannya, melainkan sumbangsih terhadap tim yang sangat minim sepanjang musim ini. Bagaimana tidak, sisi produktivitas menjadi hal paling menonjol.

Musim lalu, ia mampu mengoleksi 14 gol. Sayang, sampai partai ke-20 bersama Chelsea di arena Premiership, gelandang berkebangsaan Belgia tersebut belum pernah merobek jala lawan. Kondisi kontradiktif tersebut membuat gerah fans.

Manajer Chelsea, Guus Hiddink mengakui kalau Hazard bakal mendapatkan kesempatan dalam sebuah pertandingan besar.

"Saya tahu situasi apa yang sedang dihadapinya. Tekanan untuknya pasti sangat besar. Kami terus berkomunikasi, dan saya pikir Hazard tahu apa yang harus diperbuat jika kuturunkan saat bersua Manchester United," sebutnya, di Sportinglife.co.uk, Sabtu (6/2).

Sang pemain bernomor punggung 10 tersebut mengaku kalau dirinya tampil sangat buruk musim ini. Ia sadar belum mampu memberikan kontribusi maksimal, seperti halnya musim lalu.

Seperti dirilis The Guardian, Hazard secara spesifik mengirimkan permintaan maaf pada mantan manajer Chelsea, Jose Mourinho.

 "Saya sudah mengirim pesan singkat ke Mourinho. Saya benar-benar minta maaf karena tampil buruk, dan gagal memberi benefit pada tim," terang pesepakbola berusia 25 tahun itu.

Masuk menggantinkan Nemanja Matic pada menit ke-73, gelandang kelahiran kota La Louviere ini mampu menjadi katalis bagi rekan-rekannya untuk mendobrak pertahanan Watford. Sayang, semua itu tak cukup, dan hanya satu angka yang bisa dibawa pulang armada Hiddink.

Kombinasi Hazard dengan Willian, Oscar dan Cesc Fabregas dianggap menjadi alternatif formasi kala bersua Manchester United. Maklum, tim tamu hampir dipastikan bakal bermain agresif, setelah gaya itu sukses melumpuhkan perlawanan Stoke City.

"Kami tak terkalahkan dan harus mendapatkan hasil menang, menang serta selalu menang. Hal itu menjadi syarat utama jika kami mengejar hasil akhir di posisi empat klasemen akhir," tegas Hiddink.

Ambisi yang berarti harus menjaga keseimbangan permainan. Hal itu mutlak setelah tim tamu datang dengan kepercayaan diri tinggi, terutama Wayne Rooney. Sang kapten kembali mencetak gol, dan itu berarti menjadi koleksi ke-5 dalam lima laga terakhir di pentas Liga Utama Inggris.

Statistik yang dikumpulkan Bola.com mengungkapkan, Rooney juga terlibat dalam delapan dari 10 gol terakhir Manchester United. Selain lima gol, suami Coleen McLoughlin ini juga menyumbang tiga assist.

"Saya senang Rooney bisa konsisten merobek jala lawan. Sekarang, satu yang harus kami lakukan adalah tetap berkonsentrasi penuh agar tak lengah, apalagi Chelsea punya ambisi besar," tukas Juan Mata, gelandang Manchester United.

Rooney mengaku dirinya ingin mencari jawaban tuntas tentang statistik buruknya ketika bersua Chelsea. Ia tak pernah mencetak gol ke gawang The Blue di arena Liga Inggris, sejak tahun 2012!

"Kemenangan menjadi hal yang paling kami cari, setidaknya bisa membawa modal besar untuk mengejar papan atas. Secara pribadi, mencetak gol di Stamford Bridge adalah tujuanku," tegas Wazza, sapaan Wayne Rooney.

Hasrat tinggi Wazza mendapat sokongan dari sistem permainan Manchester United yang agresif. Kala menekuk Stoke City, bintang timnas Inggris tersebut mampu berkolaborasi apik dengan Jesse Lingard, Juan Mata dan Anthony Martial.

Corak pergerakan yang terfokus pada posisi Rooney di tengah, memberi kans besar bagi sang bomber untuk mencatatkan namanya di papan skor Stamford Bridge. "Rooney sudah kembali ke bentuk permainannya, dan kami percaya dia akan melakukannya lagi di London," beber Mata.

Usaha tim tamu bakal tak muda, setidaknya dari sisi tradisi. Catatan statistik mengungkapkan, Hiddink hanya sekali kalah dalam 20 partai terakhir. Sang manajer juga mengoleksi empat kemenangan dan sekali seri kala bertemu arsitek Manchester United, Louis van Gaal.

Tak cukup, Chelsea tak terkalahkan dalam enam laga terakhir kontra Manchester United, dengan tiga menang dan tiga seri. Setan Merah sudah mengoleksi 16 kekalahan dari Chelsea di arena Premier League, dan itu menjadi catatan terbanyak dibanding bersua tim lain.

Wayne Rooney dkk hanya menuai sekali menang dalam 13 laga terakhir di Premier League dengan statis tim tamu. Chelsea menuai tiga angka dalam tiga partai terakhir di rumah sendiri, dan dalam sejarah, mereka tak akan kembali seri empat partai beruntun di markas sendiri.(blc/ham)

 

Head to Head

28/12/2015 Manchester United 0-0 Chelsea (Premier League)

18/4/2015 Chelsea 1-0 Manchester United (Premier League)

26/10/2014 Manchester United 1-1 Chelsea (Premier League)

19/1/2014 Chelsea 3-1 Manchester United (Premier League)

26/8/2013 Manchester United 0-0 Chelsea (Premier League)

5/5/2013 Manchester United 0-1 Chelsea (Premier League)

Komentar
Kirim Komentar