04 Des 2015 11:44

MKD Gelar Rapat Internal, Begini Hasilnya

MyPassion
Setya Novanto. Foto: Ricardo/JPNN

JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR mengadakan rapat internal  pada Jumat (4/12) dini hari. Mereka memutuskan pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto selaku teradu kasus dugaan pelanggaran etika, dalam skandal "Papa Minta Saham" yang dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said, akan dilakukan Senin, 7 Desember nanti.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengakui, dalam rapat internal itu memang muncul perdebatan-perdebatan soal pemanggilan saksi-saksi. Tetapi forum akhirnya bisa memutuskan memeriksa teradu terlebih dahulu.

"Kami putuskan hari Senin MKD akan mengundang teradu. Akan mengundang Bapak Setya Novanto di persidangam MKD ini. Tidak ada keputusan lain selain itu," kata Junimart.

Saat ditanya apakah perdebatan berkaitan dengan pemanggilan pengusaha M Riza Chalid, yang ikut bersama Novanto bertemu Presdir PT Freeport Maroef Sjamsoedin, politikus PDI Perjuangan itu membantahnya.

"Siapa bilang ada perdebatan mengenai itu (pemanggilan Riza). Tidak ada perdebatan mengenai itu," tegasnya.

Keputusan memanggil Setya Novanto ditetapkan MKD setelah kemarin memeriksa saksi kunci yang merekam pertemuan, yakni Presdir Freeport Maroef Sjamsoedin. Dia diperiksa sekitar 9 jam hingga pukul 00.20 Wib dini hari tadi. (fat/jpnn)

Komentar