10 Nov 2015 09:56
Penyelenggara Pilkada Manado `Pincang`

Panwascam Mulai Hilang Arah

MyPassion

MANADO—Tugas pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Manado terkesan mulai terabaikan. Bagaimana tidak. Pascapenonaktifan tiga pimpinan Panwaslu Kota Manado oleh Bawaslu RI beberapa waktu lalu, jajaran setingkat di bawah seperti Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) seperti hilang arah. Ini terbukti dengan sikap protes sejumlah warga yang masih mendapati banyak alat peraga kampanye (APK) terpasang di media publik, tapi dibiarkan saja.

 

“Begitu juga dengan kampanye. Saya pernah temui adanya bagi-bagi uang Rp50 ribu. Namun tak ada tindak tegas dari pihak pengawas,” beber salah satu warga yang meminta namanya dirahasiakan. Pimpinan Bawaslu Sulut Divisi Pencegahan Jhony Suak ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah lakukan pertemuan rapat kerja (Raker) dengan Panwascam beberapa waktu lalu. “Sepertinya mereka hilang arah.

Saya sudah menyuruh untuk melaporkan semua kerja hasil pengawasan,” imbuh Suak. Ia juga tak menampik kalau banyak dugaan pelanggaran yang terlihat di Kota Manado yang perlu diperhatikan pengawas. “Banyak pelanggaran yang terlihat di Manado. Striker-striker ilegal terpasang di kendaraan-kendaraan, APK dipasang tidak pada tempatnya, dan lainnya juga. Tapi semua akan kita bereskan,” janji Suak.

Pimpinan Bawaslu Sulut Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Syamsurijal Musa menambahkan, semua hal terkait pengawasan sudah disampaikan lewat Raker dengan Panwascam. “Kita sudah adakan pertemuan dan membicarakan semuanya. Bagaimana Panwascam yang kelihatan seperti kehilangan induknya, mulai kita benahi,” kata Musa. Ditegaskannya, untuk pengawasan di Kota Manado sudah diinstruksikan kembali agar tetap lanjut. “Jadi sekarang Panwascam terus lakukan pengawasan di sisa beberapa kali kampanye ini. Kita terus pantau, karena kerja Panwaslu Manado kan sudah diambil alih sementara oleh Bawaslu Sulut. Jadi pengawasan terus jalan,” pungkasnya.(ctr-09/lyw)

Kirim Komentar