17 Sep 2014 01:58

Tips Super Untuk Kulit Sehat dan Cantik

MyPassion
Cara Murah Menjaga Kesehatan Kulit. Ilustrasi.

INGIN memiliki kulit sehat dan cantik? Yang perlu anda lakukan hanyalah memperhatikan pola makan. Soalnya kesehatan kulit ternyata sangat tergantung dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. 

Menurut ahli gizi Geetha G.H, makanan berikut ini akan membantu anda mendapatkan kulit cantik.

1. Probiotik
"Probiotik dan prebiotik bekerja secara sinergis untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, penyerapan vitamin dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap bakteri jahat," kata Geetha seperti dilansir laman Health Me Up, Kamis (18/9).

Probiotik dan prebiotik dapat ditemukan dalam biji-bijian, pisang, bawang putih, bawang, asparagus memungkinkan pertumbuhan bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobacteria dalam usus yang mengintensifkan kekebalan tubuh.

2. Air putih
Asupan air putih yang cukup membuat kulit tetap kenyal dan halus.

3. Buah-buah bery (blackberry, blueberry, stroberi) dan plum
Buah-buahan ini mempunyai kadar antioksidan tinggi. Antioksidan, anthocyanin dan phytochemical dalam buah-buah ini melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan penuaan dini. Radikal bebas bisa terbentuk dari paparan sinar matahari yang dapat merusak sel-sel kulit dan DNA sel kulit. Sayuran lainnya yang mengandung antioksidan adalah artichoke, bean, kacang hitam, kacang merah, pino bean, prune, pecans.
Warna liar diet Anda. Berries penuh dengan antioksidan sinergis melindungi kulit dan menunda tanda-tanda penuaan. Hitam berries, blueberry, stroberi, plum, polifenol dalam buah delima, lycopene dalam tomat menawarkan efek pemulungan.

4. Karotenoid dalam bayam, telur, susu rendah lemak, brokoli, wortel meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C dalam amla, jambu biji, buah jeruk, paprika, kubis melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang menghancurkan serat firming kulit seperti kolagen dan elastin. Makanan kaya vitamin E yang terkandung dalam minyak sayur, kacang-kacangan terutama almond, biji bunga matahari, zaitun, bayam, memperlambat produksi kolagenase enzim, yang memecah kolagen. 

5.Asam lemak tak jenuh Omega-3 dan Omega-6, fungsinya sebagai lapisan pelindung membran-membran sel, semakin kuat lapisan pelindung ini, semakin baik pula sel-sel mempertahankan kelembapannya. Sehingga kulit semakin tampak muda dan kenyal. 

Konsumsi Omega 3 dan Omega 6 harus seimbang. Makanan Omega 3 adalah ikan, salmon, walnut, dan minyak flax seed. Makanan omega 6 seperti tuna, kod, sardin, kerang, minyak kedelai, minyak raps, minyak chia, biji blewah, sayuran berdaun, dan walnut. (jpnn)

Kirim Komentar