15 Sep 2014 02:18

Toilet Bersih Dapat Jauhkan Penyakit

MyPassion
Foto: Toilet

MANADO—Toilet memegang peranan penting di berbagai tempat, tak terkecuali di perkantoran dan pusat perbelanjaan. Lalu seperti apa toilet kantor yang baik?

"Pintu kamar mandi harus bisa dibuka penuh, tidak terhalang ember atau benda lain," kata dr Meta Hanindita. Selain itu, harus memiliki fasilitas penunjang yang cukup seperti pencahayaan, ventilasi, sumber air bersih, dan jarak dengan wastafel tidak terlalu dekat. Selain itu lantai tidak boleh licin agar penggunanya tidak mudah tergelincir.

"Sebaiknya hindari menempatkan air dalam bak atau ember karena genangan air ini rentan menimbulkan penyakit. Gunakan jetspray atau semprotan air supaya air hanya keluar saat dibutuhkan dengan jumlah yang pas," sambung dr Meta.

Yang tidak kalah penting, toilet juga harus dilengkapi sabun agar setiap pengguna toilet ingat mencuci tangan setelah berkativitas di toilet. Bagaimana dengan tisu? dr Meta lebih menyarankan agar pengguna toilet membawa tisu sendiri.

"Sebaiknya membawa sendiri, karena kita tidak pernah tahu 

apakah tisu yang tersedia di dalam sempat terciprat kencing orang lain atau tidak. Kecuali tempat tisu di dalam toilet didesain tertutup, tidak apa-apa," sarannya.

Di Manado sendiri, penyediaan salah satu fasilitas publik ini masih perlu ditingkatkan. Sering dijumpai, warga enggan menggunakan toilet karena kondisinya jorok, bau menyengat, serta air yang digunakan tak bisa dijamin kebersihannya.

House Keeping Mega Trade Center Fajar menjelaskan, untuk menjaga kebersihan toilet dilakukan pembersihan sebelum dan sesudah oprerasional. “Pertama kali digunakan sabun untuk melembutkan kotoran, kemudian ditimpa dengan cairan pembunuh bakteri selama setengah jam, disikat besi pet, setelah itu digunakan sabun asam dan dibilas,” tutur Fajar.

HK Attendant Megamall ADD Ifamsah menambahkan, prosedur pembersihan toilet dilakukan sesuai standar nasional. Baik pre dan post operasional Megamall. “Jika banyak pengunjung yang menggunakan toilet, kami mempunyai staf khusus untuk segera membersihkan,” pungkasnya. (ctr-27/har/fha)

Kirim Komentar