11 Sep 2014 10:37

Ingin Langsing, Makan Bayam

MyPassion
Bayam mengandung tilakoid yang bisa mengurangi keinginan Anda untuk makan. Foto: Daily Mail

BAYAM sayuran berdaun hijau yang dalam bahasa Persia berarti tangan hijau, merupakan salah satu sayuran terbaik. Sayuran ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan nilai gizi.

Setiap 100 gram bayam terkandung 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Nah, kini ada satu lagi manfaat bayam, ternyata sayur berwarna hijau ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan membatasi mengidam makanan hampir 95 persen.

Para ilmuwan di Universitas Lund di Swedia menemukan ekstrak bayam mengandung membran daun hijau yang disebut tilakoid yang meningkatkan penurunan berat badan hampir 43 persen.

Studi ini menunjukkan bahwa tilakoid memperkuat produksi hormon tubuh kenyang dan menekan rasa lapar hedonis, yang mengarah ke pengendalian nafsu makan yang lebih baik, kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan penurunan berat badan.

"Analisis kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tilakoid mengurangi keinginan Anda untuk makan dan membuat Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari," kata peneliti Profesor Charlotte Erlanson-Albertsson, seperti dilansir laman Daily Mail.

Cukup komplek sekali manfaat dari tumbuhan yang satu ini, maka dari itu sangat dianjurkan kita untuk mengonsumsinya.(jpnn)

Kirim Komentar