09 Sep 2014 03:30

Tips Menjaga Anak Terhidrasi

MyPassion
ilustrasi

TAHUKAH anda bahwa tubuh mengandung sekitar 60 persen air? Bahkan, air ini bisa dibilang salah satu sumber daya paling berharga. Ketika berolahraga, American Academy of Pediatrics menyarankan anak usia sekolah harus minum 4 sampai 8 ons air setiap 15 menit.

Cara terbaik untuk menjaga anak-anak terhidrasi adalah untuk mengingatkan mereka untuk menyimpan air minum. "Pada saat anak-anak haus, mereka sudah setidaknya 3 persen dehidrasi," kata Associate Professor of Pediatrics dan Bedah Ortopedi di University of Chicago, Dr. Holly Benjamin, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (10/9).

"Air adalah mekanisme pendinginan, mengangkut cairan dan nutrisi, membantu pencernaan, membantu fungsi kognitif dan mempertahankan berat badan yang sehat," kata Marina Chaparro, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. 

Orang tua dapat memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan asupan cairan dengan lima tips berikut ini:

1. Tidak harus air
Banyak buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang sangat tinggi, seperti semangka, stroberi, brokoli, seledri, mentimun dan buah-buahan berair lainnya. Chaparro merekomendasikan lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

2. Pilih tempat minuman yang menjadi favorit si anak
Biarkan anak-anak anda memilih cangkir minum atau botol perjalanan mereka sendiri dalam warna favorit mereka atau dihiasi dengan karakter favorit mereka. 

3. Kreatif
Jika anak-anak menolak minum air, maka anda bisa sedikit kreatif. Membekukan berries atau cranberry ke dalam es batu, atau menambahkan air dengan buah segar, tumbuh-tumbuhan atau sayuran seperti lemon, mint, semangka atau jeruk. 

4. Membuat es loli sendiri 
Haluskan buah dan tuangkan ke dalam cetakan freezer.

5. Buat sistem pengingat untuk minum air
Buat set timer pada ponsel anda untuk mengingatkan keluarga bahwa sudah waktunya sikecil minum air. (jpnn)

Kirim Komentar