01 Sep 2014 03:03

Hanya 12 Persen Orang Mencuci Tangan Sebelum Makan

MyPassion
Jangan Lupa Cuci Punggung Tangan.

SEMUA orang sadar akan pentingnya mencuci tangan yang akan membantu dalam menjaga kesehatan. Membiasakan anak mencuci tangan ketika akan memegang makanan, setelah melakukan buang air besar atau buang air kecil dan juga setelah memegang hewan peliharaan adalah cara yang tepat. 

Selain itu mencuci tangan penting dilakukan ketika akan menyentuh bagian hidung mulut dan mata dikarenakan tangan merupakan bagian tubuh yang banyak menyimpan perkembangan biakan bakteri dan virus yang dapat menular. Mencuci tangan bermanfaat dalam mencegah dan menghindari infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya.

Namun hanya satu dari delapan orang selalu mencuci tangan sebelum makan, penelitian menunjukkan. PBB memperkirakan mencuci tangan saja bisa menyelamatkan lebih dari satu juta jiwa per tahun dari penyakit diare dan mencegah infeksi pernafasan. 

"Tangan kita mengoperasikan jaringan transportasi umum yang sangat efektif untuk bakteri dan virus. Selama sehari, kita semua menyentuh ratusan permukaan yang mengharuskan kita untuk mencuci tangan," kata pendiri sanitisers air aquaint, Bola Lafe, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (2/9).

Para ahli merekomendasikan mencuci tangan selama sekitar 30 detik, meskipun kebanyakan orang berpikir 15 detik sudah cukup lama. Penyakit yang lebih umum seperti Norovirus, Escherichia coli (E.coli) yang dapat menyebabkan sakit perut dan muntah dan Campylobacter, dapat dicegah dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air. (jpnn)

Kirim Komentar